Analisis kemampuan berpikir divergen Siswa dalam memecahkan masalah matematika tipe HOTS

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahayu, Wulan Fitri (2022) Analisis kemampuan berpikir divergen Siswa dalam memecahkan masalah matematika tipe HOTS. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wulan Fitri Rahayu_D74215078 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Studi ini meneliti terkait pentingnya aspek kemampuan berpikir kreatif siswa dalam suatu pembelajaran, salah satunya adalah kemampuan berpikir divergen dimana kemampuan ini akan dilihat berdasarkan hasil pemecahan masalah HOTS yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir divergen siswa dalam memecahkan masalah matematika berbasis soal HOTS. Kemampuan ini dilihat berdasarkan komponen fluency, flexibility, originality dan elaboration. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadikan pembelajaran dan latihan untuk mengetahui kemampuan berpikir divergen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan 4 subjek penelitian yang dipilih berdasarkan hasil tes kemampuan divergen pada siswa kelas VIII. Proses pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis dan wawancara pada subjek terpilih. Hasil analisis data tes tulis ini bukan berupa skor pengerjaan melainkan berupa gambaran atau deskripsi, sedangkan analisis data hasil wawancara dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, kemudian mengambil kesimpulan. Hasil analisis data penelitian ini telah mengungkapkan kemampuan berpikir Divergen siswa dalam memecahkan masalah divergen dengan soal HOTS. Dimana pada komponen flexibility dan elaborasi seluruh subjek telah memenuhi kemampuan tersebut, sedangkan pada komponen originality hanya subjek 2 yang mampu memenuhi kemampuan tersebut, dan pada komponen fluency tidak ada subjek yang mampu memenuhi kemampuan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahayu, Wulan FitriWulanfitrira@gmail.comD74215078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuniarrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Matematika
Keywords: Kemampuan Berpikir Divergen; Soal HOTS
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Wulan Fitri Rahayu
Date Deposited: 27 Jul 2023 15:36
Last Modified: 27 Jul 2023 15:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55723

Actions (login required)

View Item View Item