Efektivitas manajemen pendistribusian Zakat, Infaq, Sedekah (ZIS) melalui program Kota Mojokerto Cerdas : studi kasus Badan Amil Zakat Nasional Kota Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setiawan, Moch Syahrul Bayu (2022) Efektivitas manajemen pendistribusian Zakat, Infaq, Sedekah (ZIS) melalui program Kota Mojokerto Cerdas : studi kasus Badan Amil Zakat Nasional Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch Syahrul Bayu Setiawan_G95218051.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan field risearch atau penelitian lapangan yang di lakukan di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Mojokerto. Metode yang di gunakan analisis kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul, maka data tersebut di analisis sesuai dengan sumber data yang ada di lapangan yang di hasilkan dari sumber data primer dan skunder. Hasil dari penelitian yang di tulis peneliti adalah Manajemen pendistribusian Zakat, Infaq, Sedekah (ZIS) program Kota Mojokerto Cerdas BAZNAS Kota Mojokerto di lakukan melalui 5 langkah yaitu Perencanaan (Planning) Kunci utama adalah penerimaan atau pengumpulan, Pengorganisasian (Organizing) di dasari dengan menerapkan perencanaan yang matang untuk mencapai tujuan yang di harapkan, Pembagian Tugas (Staffing) mengoptimalkan SDM yang ada, Penguatan (Motivating) dari segi SDM, Sarana Prasarana, dan Keuangan, yang terakhir Evaluasi atau Pengawasan (Controlling) Evaluasi kinerja atau pelaksanaan sehingga menjadi catatan tersendiri untuk di tahun yang akan datang. Sedangkan efektivitas program pendistribusian Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) Program Kota Mojokerto Cerdas melalui tolok ukur pada penelitian ini menggunakan teori Ni Wayan Budiani dengan indikator Variabel Ketepatan Sasaran, Sosialisasi Program, Tujuan Program, Monitoring atau pemantauan. Pada Skripsi ini menunjukkan Ketepatan Sasaran Sangat efektif, Sosialisasi Program Sangat efektif dan Tujuan Program juga sudah sangat efektif, namun monitoring atau pemantauan program menunjukkan cukup efektif di karekan tidak semua sub program adanya pemantauan. Setelah di rata- rata keseluruhan variabel menunjukkan bahwa tingkat ke efektivitas pendistribusian ZIS melalui Program Kota Mojokerto Cerdas BAZNAS Kota Mojokerto tahun 2021 di katakan Sangat efektif dengan persentase sebesar 92,30%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setiawan, Moch Syahrul Bayubayusyahrulsetiawan@gmail.comG95218051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyihabuddin, Atoksyihabuddin2008@gmail.com201603317
Subjects: Zakat
Keywords: Efektivitas; Manajemen pendistribusian ZIS; Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Moch Syahrul Bayu Setiawan
Date Deposited: 05 Jan 2023 04:47
Last Modified: 05 Jan 2023 04:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55725

Actions (login required)

View Item View Item