Pengaruh interaksi orang tua dan anak terhadap disiplin belajar anak usia dini di Desa Mancar Peterongan Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurusshoimah, Nurusshoimah (2022) Pengaruh interaksi orang tua dan anak terhadap disiplin belajar anak usia dini di Desa Mancar Peterongan Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurusshoimah_D99217079.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh antusiasme anak dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh sehingga mencerminkan sikap disiplin belajar anak yang dalam hasil observasi awal tergolong baik, hal tersebut tentu dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah kualitas interaksi antara orang tua dengan anak yang baik dalam pendampingan selama proses pembelajaran dan saat bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana tingkat interaksi orang tua-anak, (2) Bagaimana tingkat disiplin belajar anak usia dini, dan (3) Apakah terdapat pengaruh interaksi orang tua-anak terhadap kedisiplinan belajar anak usia dini selama pembelajaran daring di Desa Mancar Peterongan Jombang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif ex post facto jenis causal research dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket dan wawancara. Setelah seluruh data yang diperlukan terkumpul, dilakukan analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah H0 diterima artinya tidak ada pengaruh yang signifikan antara interaksi orang tua-anak dengan disiplin belajar anak. Dengan Fhitung = 2,103 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,162 > 0,05. Dan besar nilai korelasi (R) sebesar 0,302 dan nilai korelasi square (R Square) sebesar 0,091 yang mana jika diinterpretasikan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat persentasenya adalah 9,1%. Sehingga dapat disimpulkan 9,1% persentase pengaruh interaksi orang tua terhadap disiplin belajar anak usia dini dan 90,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel atau faktor lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurusshoimah, Nurusshoimahnurusshoimah29@gmail.comD99217079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id201409007
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Disiplin Sekolah
Pendidikan
Pendidikan > Anak
Keywords: Interaksi orang tua dan anak; disiplin; disiplin belajar anak usia dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nurusshoimah Nurusshoimah
Date Deposited: 27 Jul 2023 14:05
Last Modified: 27 Jul 2023 14:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55731

Actions (login required)

View Item View Item