Analisis pengukuran kinerja Bank Syariah Indonesia berdasarkan sharia conformity and Profitability (SCNP) dan Maqashid Sharia Index (MSI)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruroh, Aniswatun (2022) Analisis pengukuran kinerja Bank Syariah Indonesia berdasarkan sharia conformity and Profitability (SCNP) dan Maqashid Sharia Index (MSI). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aniswatun Masruroh_G94218156.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian kualitatif terkait kinerja pada Bank Syariah Indonesia (BSI) sebelum dan sesudah merger dengan periode 2016-2021 yang ditinjau dari Sharia Conformity and Profitability (SCnP) dan Maqashid Sharia Index (MSI). Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara sebagai validasi atau keabsahan data dan dokumentasi untuk memperoleh data berupa laporan keuangan tahunan masing-masing bank dari Bank Syariah Indonesia KK UIN Sunan Ampel Surabaya yang kemudian diolah menggunakan metode deksriptif dengan pola pikir induktif adalah menganalisa data yang diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi yang memiliki keterkaitan dengan unsur-unsur kesamaan untuk didapatkannya kesimpulan secara khusus. Pendekatan deskriptif analisis digunakan untuk menunjukkan pengukuran kinerja Bank Syariah Indonesia sebelum dan sesudah merger berdasarkan Sharia Conformity and Profitability (SCnP) dan Maqashid Sharia Index (MSI). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan pencapaian kinerja Bank Syariah Indonesia (BSI) sebelum dan sesudah merger pada periode 2016-2021 yang ditinjau dari Sharia Conformity and Profitability (SCnP) dan Maqashid Sharia Index (MSI) pada periode 2016-2020 sebelum merger jika dilihat dari diagram kartesius SCnP maka BRIS, BNIS, dan BSM menempati kuadran yang sama yaitu LRQ (Lower Right Quadrant) dengan hasil peringkat MSI yaitu BSM menduduki peringkat pertama sebesar 28.87, BRIS kedua sebesar 28.61, dan BNIS ketiga sebesar 27.97. Pada periode 2021 setelah merger jika dilihat dari diagram kartesius SCnP maka BSI menempati juga kuadran LRQ dengan nilai sebesar 27.94. Hal ini menunjukkan bahwa hasil perbandingan akan jauh lebih baik jika memiliki periode yang sama yaitu sebelum dan setelah merger masing-masing lima tahun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruroh, Aniswatunaniswm32@gmail.comG94218156
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahayu, Hastanti Agustinhastanti.rahayu@uinsby.ac.id198308082018012001
Subjects: Bank dan Perbankan
Ekonomi Islam
Keywords: Bank Syariah Indonesia; Sharia Conformity and Profitability (SCnP); Maqashid Sharia Index (MSI)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aniswatun Masruroh
Date Deposited: 10 Apr 2023 12:11
Last Modified: 10 Apr 2023 12:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55736

Actions (login required)

View Item View Item