Analisis Al-Bai' terhadap praktik jual beli hand sanitizer custom di online shop by.lafeena

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Atiqoh, Felin Dzarrotun (2022) Analisis Al-Bai' terhadap praktik jual beli hand sanitizer custom di online shop by.lafeena. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Felin Dzarrotun Atiqoh_C92218131.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian lapangan berjenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi dengan penjual dan beberapa pembeli hand sanitizer custom di online shop by.lafeena. Teknik analisis data yang digunakan bersifat deskriptif analisis melalui pola pikir deduktif dengan menafsirkan fakta yang ada di lapangan terkait praktik jual beli hand sanitizer custom di online shop by.lafeena, kemudian dianalisis menggunakan dalil-dalil umum tentang al-bai’. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam praktik jual beli hand sanitizer custom di online shop by.lafeena dilakukan dengan cara memindahkan atau membagi cairan hand sanitizer dari kemasan asli ke dalam botol kemasan lain yang lebih kecil. Pembeli dapat memilih stiker yang sudah terpasang atau dapat dikreasikan sendiri (custom). Jual beli hand sanitizer custom tersebut dilakukan melalui aplikasi Instagram, Shopee, dan Tokopedia di mana penjual tidak memberikan informasi secara jelas terhadap barang yang diperjualbelikan pada deskripsi produknya. Pembeli tidak mengetahui kualitas dari hand sanitizer custom yang dibelinya, seperti merek, tanggal kadaluarsa, komposisi, nomor izin edar sehingga dapat merugikan pembeli. Dalam analisis al-bai’ terhadap praktik jual beli hand sanitizer custom di online shop by.lafeena telah memenuhi rukun jual beli, tetapi salah satu syaratnya tidak terpenuhi yaitu objek yang diperjualbelikan tidak diketahui kualitasnya oleh pembeli. Dalam Fatwa DSN MUI Nomor 110/DSN-MUI/IX/2017 tentang akad jual beli pada ketentuan s}ighat al ‘aqd juga dijelaskan bahwa akad jual beli harus dinyatakan secara tegas dan jelas serta dipahami dan dimengerti oleh penjual dan pembeli. Oleh karena itu, jual beli tersebut hukumnya batil karena salah satu syarat dari rukun jual beli tidak terpenuhi. Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis menyarankan kepada penjual agar lebih transparan untuk mendeskripsikan kualitas barang yang diperjualbelikan sehingga pembeli dapat memanfaatkan dengan baik dan tidak ada yang dirugikan. Pembeli juga sebaiknya tidak mementingkan kemasan luarnya saja, namun kesehatan harus lebih diutamakan. Sebaiknya membeli hand sanitizer kemasan yang asli karena sudah terjamin kualitas dan keamanannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Atiqoh, Felin Dzarrotunfelindzarrotun@gmail.comC92218131
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRojak, Jeje Abduljejerozaq@yahoo.com2015106401
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Keywords: Al-Bai'; hand sanitizer custom; jual beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Felin Dzarrotun Atiqoh
Date Deposited: 10 Apr 2023 13:01
Last Modified: 10 Apr 2023 13:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55737

Actions (login required)

View Item View Item