Analisis penghimpunan zakat ditinjau dengan teori POAC di Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Peterongan di Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Datinnisakh, Putri Absari (2022) Analisis penghimpunan zakat ditinjau dengan teori POAC di Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Peterongan di Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Absari Datinnisakh_G95218064 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Penghimpunan Zakat Ditinjau Dengan Prinsip POAC di Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Peterongan Kab. Jombang”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana penghimpunan zakat yang dilaksanakan oleh UPZ Kecamatan Peterongan, dan bagaimana penghimpunan zakat tersebut apabila ditinjau dari prinsip manajemen POAC. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di UPZ Kecamatan Peterongan. Metode penelitian ini mendeskripsikan data dan informasi yang telah dikumpulkan dari sumber data. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi terkait UPZ Kecamatan Peterongan, wawancara bersama dengan sumber data, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan dalam menghimpun dana zakat, UPZ Kecamatan Peterongan menggunakan metode office assessment . Dalam menghimpun dana zakat, UPZ Kecamatan Peterongan belum melaksanakan seluruh kegiatan dalam indikator prinsip POAC secara bagus. Dalam perencanaan rancangan program UPZ belum jelas, dan tidak ada dugaan atau spekulasi yang dilakukan guna menjalankan kegiatan. Untuk organisasi, UPZ Kecamatan Peterongan belum memiliki fasilitas guna menunjang pelaksanaan kegiatan penghimpunan. Fungsi aksi penggerakan, UPZ Kecamatan Peterongan saling memotivasi lewat sifat keterbukaan satu sama lain. Dan untuk pengawasan UPZ Kecamatan Peterongan belum melakukan pengawasan sesuai standard dan petunjuk.Berdasarkan hasil analisis dan kesimpulan pada pembahasan, peneliti mengajukan saran-saran sebagai berikut: pemberian sarana dan prasarana untuk menunjang penghimpunan zakat, memetakan muzakki guna variasi penghimpunan zakat, menciptakan program mandiri yang kreatif atas ide dari anggota, meningkatkan fokus masing-masing amil, adanya pengawasan rutin dari BAZNAS Kab. Jombang, penasihat, dan ketua UPZ Kecamatan Peterongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Datinnisakh, Putri Absariputridatinnisakh@gmail.comG95218064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmin, Saokisauqiamin@gmail.com197404042007101004
Subjects: Zakat
Keywords: Penghimpunan; UPZ; teori POAC
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Putri Absari Datinnisakh
Date Deposited: 20 Sep 2022 06:32
Last Modified: 20 Sep 2022 06:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55745

Actions (login required)

View Item View Item