Analisis hukum islam dan UU No. 11 tahun 2020 tentang cipta kerja terhadap jual beli makanan dan obat-obatan di marketplace halalpedia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jadidah, Chusnul (2022) Analisis hukum islam dan UU No. 11 tahun 2020 tentang cipta kerja terhadap jual beli makanan dan obat-obatan di marketplace halalpedia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chusnul Jadidah_C72218055.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana praktik jual beli makanan dan obat-obatan di Marketplace Halalpedia dan bagaimana analisisnya menurut hukum Islam dan UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja terhadap jual beli makanan dan obat-obatan di Marketplace Halalpedia. Data penelitian ini dihimpun melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian. Selanjutnya dianalisis menggunakan teknik deskriptif analitik dan diambil kesimpulannya menggunakan pola pikir deduktif yang menjabarkan ketentuan mengenai transaksi jual beli makanan dan obat-obatan di Marketplace Halalpedia dengan menganalisis dari sudut pandang hukum Islam dan UU No.11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktik jual beli makanan dan obat- obatan di Marketplace Halalpedia dimulai dari pengguna yang mengunduh aplikasi Halalpedia di Play Store dan membuat akun. Kemudian pengguna mencari produk yang di inginkan untuk di bayar sesuai nominal yang tertera. Jika dalam pembayarannya pengguna memilih transfer bank, maka akan dikenakan kode unik tiga digit di belakang pembayaran. Tetapi jika menggunakan virtual account sebagai pembayarannya, maka tidak dikenakan kode unik tiga digit di belakang pembayaran. Pada Marketplace Halalpedia masih terdapat produk-produk yang belum mendapatkan sertifikat halal BPJPH, namun di sisi lain juga terdapat produk yang sudah jelas kehalalannya dan telah mendapatkan sertifikat halal yang diterbitkan oleh BPJPH. Rukun dan syarat jual beli menyatakan bahwa objek jual beli haruslah objek yang suci dan dimanfaatkan sejalan dengan hukum Islam. Apabila tidak memenuhi rukun dan syarat tersebut maka jual beli menjadi tidak sah. Menurut UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, praktik jual beli yang terjadi di Marketplace Halalpedia belum sepenuhnya menjalankan peraturan tersebut. Hal ini dikarenakan produk-produk yang dapat diajukan kehalalannya, tidak diajukan oleh penjual di Marketplace Halalpedia guna mendapat sertifikat halal BPJPH.
Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka pihak yang berkaitan disarankan untuk; Pertama, bagi pembeli diharapkan lebih kritis dalam melakukan transaksi jual beli di Marketplace Halalpedia agar terhindar dari membeli produk yang belum halal. Kedua, bagi penjual diharapkan lebih mengetahui produk-produk yang ingin dijual, baik dari segi kualitas maupun kuantitas, serta bahan-bahan yang digunakan. Ketiga, bagi Marketplace Halalpedia diharapkan untuk lebih bisa melakukan tindakan preventif ataupun represif dalam menangani produk-produk yang dijual terutama makanan dan obat-obatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jadidah, Chusnulchusnuljadidah18@gmail.comC72218055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, Abdul--2018115501
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Jual Beli
Keywords: Hak cipta kerja; Marketplace Halalpedia; Jual beli online
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Chusnul Jadidah
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:21
Last Modified: 26 Jul 2023 06:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55749

Actions (login required)

View Item View Item