Pergulatan moderatisme Vs radikalisme dalam kasus pembubaran Front Pembela Islam (FPI) melalui Genealogi Kekuasaan Michel Foucault

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fawaid, Imam (2022) Pergulatan moderatisme Vs radikalisme dalam kasus pembubaran Front Pembela Islam (FPI) melalui Genealogi Kekuasaan Michel Foucault. Engd thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imam Fawaid_E91218078.pdf

Download (2MB)

Abstract

Konflik antar agama baik intern maupun ekstern akan selalu menjadi problem bagi kualitas keagamaan di dunia intelektual era modern. Isu tersebut sangat sensitif karena berdampak langsung terhadap peradaban manusia serta akan menimbulkan kecenderungan krisis pemikiran yang moderat. Isu primordial ini kerap menjadi komuditas politik dalam meraih cita-cita politiknya, tak terkecuali ormas keagamaan yang mengadopsi pemahaman-pemahaman eksklusif, karena bersentuhan dengan percaturan politik. Dalam kasus primordial keagamaan, peneliti memfokuskan pada organisasi Front Pembela Islam (FPI), sebuah organisasi yang kehadirannya cukup signifikan menjadi perhatian publik. Fokus penelitian ini terletak pada pembubaran FPI melalui analisis genealogi Michel Foucault, di mana kerangka yang dibangun ialah wacana, relasi pengetahuan/bahasa dan relasi kuasa yang mendudukkan organisasi FPI secara obyektif dengan memproduksi sebuah wacana. Dalam analisis tersebut peneliti menghadirkan data dan fakta berupa dokumentasi yang relevan atas problematika pembubaran FPI. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melalui kajian literatur baik berupa buku, jurnal, skripsi, surat kabar, thesis dan data lainnya yang tersedia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Engd)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fawaid, Imamimamfawaid1999@gmail.comE91218078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMahzumi, Fikrifikrimahzumi@uinsby.ac.id2115048201
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Islam dan Ilmu Pengetahuan
Islam dan Humanisme
Keywords: Moderatisme; Radikalisme; FPI; Genealogi Michel Foucault
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: imam fawaid
Date Deposited: 21 Nov 2022 03:39
Last Modified: 21 Nov 2022 06:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55774

Actions (login required)

View Item View Item