Pengembangan modul digital berbasis Calibre menggunakan metode memorize mathematics formulas using songs pada pembelajaran matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Diniyah, Imadud (2022) Pengembangan modul digital berbasis Calibre menggunakan metode memorize mathematics formulas using songs pada pembelajaran matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imadud Diniyah_D74217047.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran daring akibat pandemi covid-19 mengharuskan peserta didik terpisah dari guru dan pembelajaran menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi informasi, komunikasi dan media lainnya. Namun selama proses ini, peserta didik belum menguasai materi dengan baik terutama pada pembelajaran matematika. Peneliti mengembangkan suatu modul digital sebagai sumber belajar peserta didik agar dapat menguasai materi dengan baik. Dengan modul digital peserta didik juga lebih mudah mengaksesnya. Metode yang digunakan dalam modul digital yaitu memorize mathematics formulas using songs. Sebagai pendukung metode ini, modul digital ini disertai dengan audio lagu rumus matematika agar peserta didik dapat menguasai materi dengan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan serta kepraktisan modul digital berbasis calibre menggunakan metode memorize mathematics formulas using songs pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Namun dikarenakan adanya pandemi covid-19, maka peneliti hanya menggunakan tahap ADD (Analysis, Design, dan Development). Dengan adanya pembelajaran daring serta pembelajaran asinkronus, menyebabkan peserta didik secara bebas terhubung bersama di waktu yang berbeda. Oleh karena itu, tahap Implementation dan Evaluation tidak dilakukan karena tidak memungkinkan bagi peneliti untuk melakukan seluruh tahap pengembangan serta peneliti tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu catatan lapangan, lembar validasi dan lembar kepraktisan modul dari validator. Proses pengembangan modul ini dari tahap analysis menyatakan bahwa sekolah MTs Model Hasanuddin Sidoarjo menggunakan kurikulum 2013. Selain itu, peserta didik kurang memahami dan sulit menerima materi khususnya matematika jika pembelajaran dilakukan secara daring akibat adanya pandemi covid-19. Materi yang digunakan dalam modul ini adalah materi bangun datar segiempat. Sedangkan pada tahap design, peneliti membuat desain modul yang cocok untuk pembelajaran daring. Kemudian tahap development, modul ini divalidasi oleh empat validator sebagai penyempurnaan modul yang baik bagi peserta didik. Hasil pengembangan dari modul ini termasuk dalam kategori “valid” dengan nilai rata-rata validitas (RTV) sebesar 3,42. Modul ini juga tergolong kategori “praktis” dengan rata-rata kepraktisan 86,37 dan nilai “A” yang dapat digunakan dengan tanpa revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Diniyah, Imadudimaduddiniyah@gmail.comD74217047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Modul digital; metode memorize mathematics formulas using songs
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: imadud diniyah
Date Deposited: 07 Oct 2022 04:39
Last Modified: 07 Oct 2022 04:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55780

Actions (login required)

View Item View Item