Tasawuf dan tradisi pesantren: peran Tarekat Syadziliyah di Pondok Pesantren Bumi Damai Al Muhibbin Tambakberas Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ashari, Ian Dwi (2022) Tasawuf dan tradisi pesantren: peran Tarekat Syadziliyah di Pondok Pesantren Bumi Damai Al Muhibbin Tambakberas Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ian Dwi Ashari_E97217032 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam skripsi yang berjudul “Tasawuf dan Tradisi Pesantren (Peran Tarekat Syadziliyah di Pondok Pesantren Bumi Damai Al-Muhibbin Tambakberas Jombang)” yang bertujuan untuk mengetahui unsur-unsur tradisi kepesantrenan dan hubungannya dengan tarekat. Adapun rumusan masalah yang akan dikaji adalah 1). Bagaimana akar sejarah Tarekat Syadziliyah dengan Pondok Pesantren Bumi Damai al-Muhibbin? 2). Bagaimana peran Tarekat Syadziliyah terhadap kebutuhan masyarakat sekitar Pondok Pesantren Bumi Damai al-Muhibbin? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan interaksi sosial. Sumber data yang didapatkan melalui informasi, dan fakta lapangan. Teknik yang digunakan adalah metode obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari pengumpulan data tersebut kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskripstif. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah: Pertama pendiri Pondok Pesantren Bumi Damai al-Muhibbin merupakan murid dari KH. Abdul Jalil Mustaqim mursyid Tarekat Syadziliyah. Pengajian rutin al-hikam yang diselenggarakan semakin berkembang pesat hingga menjadi sebuah Pesantren karena telah memenuhi beberapa elemen dan membuat jama’ah meminta kepada kyai Djamal untuk berbaiat menjadi murid tarekat Syadziliyah. Kedua peran Tarekat Syadziliyah terhadap kebutuhan masyarakat dengan adanya acara Rojabiyyah yang meliputi nikahan massal, santunan anak yatim dan dhuafa setiap tahunnya. Sekaligus melatih jiwa dengan berbagai amalan wirid bagi para masyarakat yang membutuhkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ashari, Ian Dwiasharisaian@gmail.comE97217032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafisahal2@gmail.com2013086001
Subjects: Pesantren
Tasawuf
Keywords: Tasawuf dan tradisi pesantren; Tarekat Syadziliyah; Pondok Pesantren al Muhibbin
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ian Dwi Ashari
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:29
Last Modified: 21 Sep 2022 03:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55795

Actions (login required)

View Item View Item