Analisis komparasi terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan SPBE di Kota Surabaya dan Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hernando, Anggito (2022) Analisis komparasi terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan SPBE di Kota Surabaya dan Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anggito Hernando_H76218022 ok.pdf

Download (7MB)

Abstract

E-government atau di Indonesia yang dikenal dengan Sistem Pemerintahan Ber-basis Elektronik (SPBE) yang sudah diterapkan sesuai dengan PERPRES No. 95 Tahun 2018 mengenai SPBE. Pada penelitian ini akan membahas mengenai faktor performa yang mempengaruhi penerapan SPBE yang ada pada Kota Sura-baya dan Kabupaten Mojokerto serta melakukan komparasi antar dua daerah ter-sebut. Untuk faktor performa pada penelitian ini menggunakan hasil mapping antara Digital Service Provision System of System Framework oleh Samantha Pa-pavasilou dengan PERMENPAN No. 5 Tahun 2020. Hasil dari mapping tersebut menghasilkan 17 faktor performa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuanti-tatif dengan metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan un-tuk analisis data pada penelitian ini menggunakan metode Exploratory Factor Analysis (EFA). Hasil dari penelitian ini adalah Kota Surabaya dan Kabupaten Mojokerto mempunyai faktor performa yang relatif sama namun jika diperbesar atau dilihat lebih spesifik ke dalam lagi antara Kota Surabaya dan Kabupaten Mojokerto memilliki karakteristtik faktor performa yang berbeda. Dan dari 17 faktor performa tadi di analisis menggunakan EFA dan menghasilkan 5 faktor performa yaitu regulasi SPBE, literasi digital, manajemen infrastruktur TI, SDM dan lokasi system. Dari kelima faktor tersebut faktor yang dominan yang mempengaruhi penerapan SPBE di dua daerah tersebut adalah faktor regulasi SPBE.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hernando, Anggitoitto.carrer@gmail.comH6218022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRozaz, Indri Sudanawatiindrisrozas@uinsby.ac.id198207212014032001
Thesis advisorKunaefi, Anangakunaefi@uinsby.ac.id197911132014031001
Subjects: Arsitektur
Keywords: E-Government; Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik; EFA; GRMS
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Anggito Hernando
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:25
Last Modified: 21 Sep 2022 02:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55802

Actions (login required)

View Item View Item