Ma’iyyatullah dalam Al-Qur'an: penafsiran Muhammad bin Ṣālih al-'Uthaimin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, Rahmawati (2022) Ma’iyyatullah dalam Al-Qur'an: penafsiran Muhammad bin Ṣālih al-'Uthaimin. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahmawati Hidayat_F02518208 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penulisan Tesis ini disebabkan adanya beberapa perbedaan golongan ulama, ada yang memahami kebersaman Allah dengan makhluk-Nya (Ma’iyyatullah) melalui takwil ayat, ẓahir ayat, dan ada pula yang memahami bahwa ma’iyyatullah bersama makhluknya dengan Dzat-Nya di berbagai tempat. Tesis ini menjawab rumusan masalah tentang penafsiran al-'Uthaimin terhadap ayat-ayat ma'iyyah Allah dan aktualisasi nilai-nilai ma’iyyah Allah dari penafsiran al-‘Uthaimin. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif (qualitative research) dengan pendekatan historis-kritis-filosofis, adapun bentuk penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library research), Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis kritis dengan landasan teorinya menggunakan teori tafsir maqāṣidi.Al-‘Uthaimin menafsirkan ma’iyyah dengan hakiki ẓahīr ayat.Pertama, Ma’iyyah umum yang memiliki konsekuensi bahwa Allah meliputi makhluk-Nya dengan ilmu, kodrat, kekuasaan, pendengaran, penglihatan dan makna rubūbiyah lainnya sedangkan ma’iyyah khusus yaitu pendengaran dan penglihatan yang memiliki konsekuensi sebagai pertolongan, dukungan dan perlindungan. Kedua, aktualisasi nilai-nilai ma’iyyatullah bersama makhluk-Nya dari penafsiran syaikh al-‘Uthaimin membuahkan kesungguhan meraih Iman, iḥsān, takwa

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, RahmawatiRahmawaty.hidayat@gmail.comF02518208
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasruhan, Masruhan--2004045901
Thesis advisorIffah, Iffahivamuzammil@yahoo.co.id2013076902
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Agama
Tuhan
Keywords: Ma’iyyah; al-Qur’an; penafsiran; al-‘Uthaimin
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Rahmawati Hidayat
Date Deposited: 27 Jul 2023 14:21
Last Modified: 27 Jul 2023 14:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55805

Actions (login required)

View Item View Item