Pesan dakwah pada akun Instagram Creative muslimah: analisis Framing William A. Gamson dan Andre Modigliani

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sahifayin, Rif'atis (2021) Pesan dakwah pada akun Instagram Creative muslimah: analisis Framing William A. Gamson dan Andre Modigliani. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rif'atis Sahifayin_B01217049 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Creative Muslimah merupakan akun instagram yang digagas oleh sekelompok orang yang peduli terhadap dakwah islam melalui lettering. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji: Apa makna pesan dakwah dalam akun creative muslimah dengan menggunakan metode analisis framing model William A. Gamson dan Andre Modgliani? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis analisis teks media. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis framing model William A. Gamson dan Modgliani. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan dilakukan observasi secara mendalam oleh peneliti untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kesimpulan dari penelitian yang sudah dilakukan adalah, peneliti mengungkapkan dalam gambar akun instagram creative muslimah mengandung tiga unsur pesan dakwah yaitu, pesan dakwah akidah, pesan dakwah akhlak dan pesan dakwah syari’ah. Pesan dakwah akidah adalah seruan kepada manusia untuk beriman, baik iman kepada Allah SWT , iman kepada malaikat Allah, iman kepada qadla dan qadar. Pesan dakwah akhlak adalah seruan kepada manusia untuk tawadhu, berperilaku baik kepada Allah SWT, maupun terhadap sesama manusia. Pesan dakwah syari’ah adalah seruan kepada manusia untuk menunaikan kewajiban sebagai seorang muslim untuk beribadah kepada Allah SWT.Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya, peneliti dapat menggunakan teori cyber media dan teori dakwah yang lain untuk melihat sejauh mana perkembangan dakwah di era perkembangan teknologi saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sahifayin, Rif'atisfayinrifa@gmail.comB36461211
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRazi, Fahrur--2012066901
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Keywords: Analisis Framing; Pesan Dakwah; Instagram Creative Muslimah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rif'atis Sahifayin
Date Deposited: 30 Jul 2023 01:36
Last Modified: 30 Jul 2023 01:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55835

Actions (login required)

View Item View Item