Pengaruh pembelajaran Matematika pada materi Barisan dan Deret Aritmatika dengan pendekatan Integrasi Matematika Al Quran terhadap motivasi dan hasil belajar Siswa Kelas XI MAN 1 Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Khoirun (2022) Pengaruh pembelajaran Matematika pada materi Barisan dan Deret Aritmatika dengan pendekatan Integrasi Matematika Al Quran terhadap motivasi dan hasil belajar Siswa Kelas XI MAN 1 Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirun Nisa'_D74217050 ok.pdf

Download (11MB)

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah cenderung didominasi oleh guru dibanding siswa. Pengetahuan dan materi dari guru yang diberikan langsung berupa rumus, teorema yang siap pakai tanpa keterlibatan siswa didalamnya ketika pembelajaran. Akibatnya banyak siswa yang kurang termotivasi dan menjadi pasif dalam pembelajaran matematika. Sehingga, perlu pendekatan pembelajaran yang tepat guna mewujudkan pembelajaran yang bermakna dan aktif. Salah satunya pendekatan integrasi matematika Al-Qur’an, yang mengaitkan pembelajaran dengan ayat-ayat Al-Qur’an yang dapat menyadarkan siswa bahwa matematika penting dan bermakna serta mampu mendekatkan diri kepada Allah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitiannya adalah quasi experimental. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dan diambil dua kelas dari populasi. Pada penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah (1) tes, (2) kuesioner, (3) observasi, dan (4) dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Berdasarkan hasil analisis data penelitian menyatakan bahwa: (1) terdapat pengaruh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan integrasi matematika Al-Qur’an terhadap motivasi. Dibuktikan dengan nilai sig 0,003 < 0,05 dan motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata sebesar 117,75 sedangkan kelas kontrol sebesar 111,65. (2) terdapat pengaruh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan integrasi matematika Al-Qur’an terhadap hasil belajar matematika. Terbukti dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan tingkat hasil belajar siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 83,56 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 78,74. (3) terdapat pengaruh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan integrasi matematika Al-Qur’an terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN 1 Mojokerto. Hal ini dapat dibuktikan dari analisis Pillae Trace, Roy’s Largest Root, Hotelling Trace, Wilk Lamda dimana memiliki signifikan 0,000.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Khoirunnisa48536@gmail.comD74217050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com2002046903
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Motivasi Belajar
Al Qur'an
Keywords: Pendekatan integrasi matematika Al Quran; hasil belajar; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Khoirun Nisa'
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:25
Last Modified: 21 Sep 2022 03:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55865

Actions (login required)

View Item View Item