Proses Pembelajaran Bauran (Blended Learning) oleh Guru Mata Pelajaran PAI di SD Muhammadiyah 8 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sabara, Rahma (2022) Proses Pembelajaran Bauran (Blended Learning) oleh Guru Mata Pelajaran PAI di SD Muhammadiyah 8 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahma Sabara_02040820057 ok.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Proses Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Oleh Guru Mata Pelajaran PAI di SD Muhammadiyah 8 Surabaya” memiliki sebuah tujuan untuk menganalisa proses pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah 8 Surabaya pada masa pandemi covid-19 dan untuk menganalisa hal-hal yang menjadikan pertimbangan guru-guru dalam pembelajaran PAI blended learning di SD Muhammadiyah 8 Surabaya. Metode penelitian Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini menggambarkan bagaimana proses terhadap model pembelajaran blended learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Muhammadiyah 8 Surabaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah studi kasus yaitu bertujuan menganalisis urutan peristiwa tertentu yang terjadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian Proses pembelajaran PAI blended learning atau campuran di SD Muhammadiyah 8 Surabaya pada mulanya tahapan pembelajaran langsung dilakukan pembelajaran online, guru menggunakan waktu yang sama pada saat memberikan bahan ajar, waktu yang fleksibel menyesuaikan waktu antara kesepakatan guru dan siswa, kemudian tempatnya di media yang sama yaitu google meet setelah beralih dari whatsapp. Selanjutnya pembelajaran dilakukan secara maya atau pembelajaran dilakukan dengan waktu yang sama namun tempat yang berbeda. Jadi siswa yang masuk hanya beberapa saja, namun bagi siswa yang tidak masuk secara offline tetap mengikuti pembelajaran secara online. Setelah ada keputusan tentang pembelajaran secara offline, diperbolehkan tahapan kolaboratif dilakukan. Hal ini menunjukkan bahwa pihak sekolah memutuskan untuk belajar dilakukan secara tatap muka dengan jadwal yang sudah ditentukan menyesuaikan dengan mata pelajaran yang lain. Tentang mata pelajaran menyesuaikan dengan RPP yang telah disusun sebelum awal ajaran baru dimulai dan dengan guru PAI sesuai dengan bidangnya masing-masing. Hal-hal yang menjadikan pertimbangan guru-guru dalam mengembangkan pembelajaran PAI blended learning di SD Muhammadiyah 8 Surabaya diantaranya adalah pemilihan media yaitu tujuan pembelajaran, keefektifan, peserta didik, ketersediaan, kualitas teknis, biaya, fleksibilitas, dan kemampuan orang yang menggunakannya serta alokasi waktu yang tersedia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sabara, Rahmarahmasabara1997@gmail.com02040820057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifudin, Mokhamadmsyaifudin@gmail.com2013107303
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahma Sabara
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:36
Last Modified: 21 Nov 2022 07:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55868

Actions (login required)

View Item View Item