Tradisi akademik pesantren: studi di ingkungan Pondok Pesantren Tambakberas Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Nofi Mega (2017) Tradisi akademik pesantren: studi di ingkungan Pondok Pesantren Tambakberas Jombang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nofi Mega Sari_F.132.131.78 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Tradisi Akademik Pesantren (Studi Kasus di Lingkungan Pondok Pesantren Tambakberas Jombang)” ini bertujuan untuk mengetahui bentuk tradisi akademik di lingkungan Pondok Pesantren Tambakberas Jombang. Tesis ini juga bertujuan mengetahui persamaan dan perbedaan tradisi akademik di ribath-ribath (lingkungan) pondok pesantren Tambakberas Jombang serta mengetahui kesinambungan tradisi akademik pesantren dengan lembaga pendidikan formal. Empat unit pesantren/ribath fokus penelitian adalah pondok induk, pondok al-Lathifiyyah 1, pondok as Sa’idiyah 2 dan pondok al Amanah. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pendekatan kualitatif yang sesuai adalah fenomologis naturalis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus. Pengumpulan data tesis ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang digunakan dalam penulisan tesis ini adalah dengan menggunakan tahapan reduksi data, display data (penyajian data), verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa bentuk tradisi akademik pesantren ini, dibangun oleh sejarah, nilai yang dipegang, kategorisasi pesantren, sistem pendidikan, kurikulum pendidikan, serta geneologi keilmuan. Sehingga bangunan tradisi akademik di atas, menggambarkan bentuk tradisi akademik di Pesantren Tambakberas memiliki beberapa unsur, yaitu tradisi membaca kitab kuning dengan sistem sorogan dan weton serta dengan sistem madrasah, tradisi rihlah ‘ilmiyah pengasuh Pesantren Tambakberas sehingga menghasilkan sanad keilmuan pengasuh, tradisi menghafal, tradisi kepenulisan, dan tradisi Mimazarah/diskusi/Bahthu al-Masail. Terdapat persamaan dan perbedaan tradisi akademik di ribath-ribath pondok pesantren Tambakberas Jombang. Persamaannya yaitu dalam tujuan, sistem pendidikan, kurikulum serta metode yang digunakan. Perbedaan tradisi akademik di masing-masing ribath Pesantren Tambakberas disebabkan beragamnya pesantren tempat para pengasuh Pesantren Tambakberas malaksanakan rihlah ‘ilmiyah menghasilkan sanad keilmuan yang bervariasi, variasi dan fokus kitab yang dikaji, dan pengelolaan pembelajaran di setiap unit pesantren. Teijadi kesinambungan tradisi akademik pesantren dengan lembaga pendidikan formal. Hal ini dibuktikan dengan muatan kurikulum kepesantrenan yang tetap ada di sekolah/madrasah formal dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Tambakberas. Dibukanya madrasah di Tambakberas tidak serta merta menghilangkan tradisi akademik pesantren Tambakberas. Madrasah di Tambakberas menjadi sub-bagian dari pendidikan santri Tambakberas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Nofi Meganofimega88@gmail.comF13213178
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHilmy, Masdarmasdar.hilmy@gmail.com2002037101
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Akademik pesantren
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nofi Mega
Date Deposited: 19 Sep 2022 08:18
Last Modified: 19 Sep 2022 08:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55905

Actions (login required)

View Item View Item