IMPLEMENTASI PROGRAM MOSLEM PERSONALITY INSURANCE (JAMINAN KEPRIBADIAN MUSLIM)DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA RELIGIUS DI MADRASAH ALIYAH YKUI MASKUMAMBANG PUTRI DUKUN GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Rini (2016) IMPLEMENTASI PROGRAM MOSLEM PERSONALITY INSURANCE (JAMINAN KEPRIBADIAN MUSLIM)DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA RELIGIUS DI MADRASAH ALIYAH YKUI MASKUMAMBANG PUTRI DUKUN GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

Arus penyebaran informasi yang sudah tak terbendung dapat berdampak positif dan negatif terhadap generasi muda. Diantaranya pergaulan bebas, kriminalitas dan perkelahian antar pelajar. Oleh karenanya Pondok Pesantren Maskumambang selaku basis agama yang memiliki Yayasan Kebangkitan Umat Islam (YKUI) yang berperan sebagai lembaga pendidikan formal mulai jenjang MI, MTs, MA dan SMK membuat suatu program utama sekolah, yaitu Program MPI (Moslem Personality Insurance). Program MPI adalah program yang digagas untuk menumbuhkan kepribadian Islami dalam diri siswa dan membangun budaya religius di lingkungan sekolah yang mana merupakan refleksi dari visi pesantren yaitu beraqidah shohihah, beramal shaleh, berilmu manfaat dan berakhlaq karimah. MA YKUI Maskumambang merupakn bagian dari YKUI Maskumambang yang juga menerapkan program tersebut.
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan, faktor pendukung dan faktor penghambat program MPI. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data penelitian berupa tindakan melalui pengamatan, paparan data hasil wawancara dan dokumentasi.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data.
Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut kegiatan yang termasuk dalam program MPI yakni Daily Report, Halaqoh Pagi, Pembiasaan Sholat Dhuha dan Dhuhur Berjama’ah, dan Home Visit. Pelaksanaan Program MPI diatur dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dimulai dengan Kehadiran Murobbiah menyambut kedatangan murid, kemudian dimulai kegiatan Halaqoh dengan tiga tahap kegiatan, yaitu: pembacaan Al-Qur’an, penyampaian tausiyah, dan merekap Daily Report. Kegiatan selanjutnya, yaitu murid melakukan sholat sunnah Dhuha di waktu istirahat pertama dan ketika waktu Dhuhur tiba melaksanakan sholat Dhuhur berjama’ah di aula sekolah dan dilanjutkan dengan kultum siswa dengan dimonitor oleh Murobbiah. Pelaksanaan Home Visit jarang dilakukan, karena kegiatan home visit hanya dilaksanakan sekali dalam semester.
Faktor pendukung program MPI adalah: lingkungan sekolah yang kondusif dan agamis, murobbiah (Guru) yang konsisten dan berkompeten, dukungan keluarga terhadap program MPI. Adapun faktor penghambatnya adalah : siswa yang tidak memperhatikan ketika ada tausiyah, jaringan internet yang belum sepenuhnya tersedia, dan lingkungan pergaulan siswa yang kurang baik.

Kata Kunci: Program Moslem Personality Insurance ( Jaminan Kepribadian Muslim), Budaya Religius.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, RiniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Akhlak > Akhlak Mulia
Psikologi
Psikologi Islam
Keywords: Pergaulan Bebas; Remaja; Kepribadian; Muslim
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rini Wulandari
Date Deposited: 10 May 2016 05:22
Last Modified: 10 May 2016 05:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5591

Actions (login required)

View Item View Item