Analisis pengaruh bermusik terhadap kondisi psikis remaja akhir: studi maanil hadis riwayat Ibnu Majah nomor indeks 4020 dalam aspek psikologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriansyah, Mochammad Bacharuddin Hadi (2022) Analisis pengaruh bermusik terhadap kondisi psikis remaja akhir: studi maanil hadis riwayat Ibnu Majah nomor indeks 4020 dalam aspek psikologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Bacharuddin Hadi Rizki Fitriansyah_E75218049 ok.pdf

Download (11MB)

Abstract

Kemajuan teknologi dan globalisasi telah memberikan dampak atau masalah yang menjadi perdebatan diantara masyarakat, terutama pada remaja akhir yang sedang dalam proses mendewasakan diri. Bermusic adalah sebuah seni dari kumpulan suara, melodi, nada yang dijadikan sebuah nyanyian yang menenangkan. Faktanya, bermusic sebenarnya membawa dampak negative bagi psikis.Namun, banyak juga yang menganggapbahwa bermusik adalah obat dan membawa dampak positif bagi para penikmatnya. Rasulullah menjelaskan tentang music ini dalam hadis Riwayat Ibnu Majah nomor indeks 4020. Penelitian ini bertujuan untuk kondisi remaja fase akhir yang masih berkecimpung dalam music, sejauh mana factor seseorang sehingga remaja fase akhir masih berkecimpung dalam music terkait dengan dirinya sendiri, lingkungannya, dan agama. Karena, pada maa ini para remajaakhir yang umurnyaberkisar 17-21 tahuntidakjauhdengan yang Namanya music. Banyak dari mereka yang dikala sedih juga menikmati music atau bermusic, bagi mereka music adalah teman yang bisa mengerti mereka. Penelitian ini mengkaji tentang kondisi psikologis pada remaja fase akhir yang bermusic. Penelitian ini bertumpu pada kajian kritik sanad dan matan hadis serta menggunakan ilmu ma’anil hadis untuk memaknai hadis secara mendalam. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah libraryresearchatau dengan mengumpulkan data dari penelitian terdahulu yang relevan. Tujuan penelitian ini adalah mengemukakan data kualitas hadis dan kehujjahan hadis serta mendapatkan pemaknaan hadis yang ada hubungannya dengan penelitian yang dilakukan. Dalam ilmu Psikologi, music sering dikaitkan dengan pengobatan atau terapi seperti hipnoterapi, mendengarkan music bisa meningkatkan konsentrasi, memainkan music bisa menambah tingkatan IQ dll. Namun, banyak juga dari sisi psikologi beranggapan bahwa music bisa mengurangi konsentrasi, member efek candu pada pendengarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriansyah, Mochammad Bacharuddin Hadirudinatio48@gmail.comE75218049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIlmiyah, Dakhirotuldakhirotulilmiyah74@gmail.com2007027401
Subjects: Psikologi
Remaja
Musik
Keywords: Bermusic; Ibnu Majah; remaja; psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Mochammad Bacharuddin
Date Deposited: 21 Sep 2022 07:27
Last Modified: 21 Sep 2022 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55931

Actions (login required)

View Item View Item