Implementasi pembelajaran pendidikan agama islam melalui metode problem solving di SMP Negeri 5 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isya, Rama Maulana (2022) Implementasi pembelajaran pendidikan agama islam melalui metode problem solving di SMP Negeri 5 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel surabaya.

[img] Text
Rama Maulana Isya_D71218099.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelititan ini melihat apa yang terjadi di zaman sekarang ini, banyak pelajar yang terjerumus ke dalam pergaulan bebas akibat merosotnya pendidikan Islam. Hal ini dikarenakan ketidaktahuan guru terhadap esensi pendidikan Islam. Selain itu, pemilihan metode pengajaran saat menyampaikan isi materi guru juga disarankan untuk dibuat lebih tepat agar tujuan pembelajaran dapat terwujud. Dengan memilih metode pengajaran pemecahan masalah ini, diharapkan guru dapat lebih memotivasi siswanya secara individu maupun kelompok. Model ini digunakan untuk mengajarkan dan mengembangkan keterampilan sosial agar siswa mendominasi percakapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi mata pelajaran pendidikan agama Islam melalui metode pembelajaran problem solving. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi menggunakan metode observasi partisipasi pasif dan menggunakan mini tour, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran problem solving dapat mengubah suasana belajar di kelas menjadi menyenangkan, aktif, efektif dan efisien sesuai dengan yang diharapkan untuk tujuan pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isya, Rama Maulanaramami0502@gmail.comD71218099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Thesis advisorManan, Abdulabdulmanan1970@gmail.com0710067001
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Metode Problem Solving
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: RAMA MAULANA ISYA
Date Deposited: 24 Nov 2022 22:41
Last Modified: 24 Nov 2022 22:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55934

Actions (login required)

View Item View Item