Motivasi pimpinan kepada karyawan di Yayasan Dompet Dhuafa cabang Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rakhmadhani, Galuh Dwi (2022) Motivasi pimpinan kepada karyawan di Yayasan Dompet Dhuafa cabang Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Galuh Dwi Rakhmadhani_B94218086.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui metode yang diterapkan pimpinan dalam memotivasi karyawan, memahami manfaat yang didapatkan dari pemberian motivasi pimpinan kepada karyawan, dan mengidentifikasi hambatan pemberian motivasi pimpinan kepadakaryawan di Yayasan Dompet Dhaufa Cabang Jawa Timur. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif dengan jenis pengkajian deskriptif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa metode pemberian motivasi pimpinan kepada karyawan sesuai dengan metode pemberian motivasi, yaitu metode hubungan manusiawi atau human relation method, metode sumber daya manusia atau Human resouces method, metode transformasi atau transformation method, dan metode emosional atau emotional method. Dengan kesesuaian tersebut, dapat dikatakan pemberian motivasi Pimpinan menerapkan metode pemberian motivasi pemimpin dengan baik. Kemudian, manfaat pemberian motivasi pimpinan bisa dikatakan sudah baik sesuai dengan indikator kemanfaatan pemberian motivasi pemimpin, yaitu meningkatkan semangat dan gairah dalam bekerja, meningkatkan produktivitas dalam bekerja, menciptakan kondisi dan ikatan kerja yang bagus, meningkatkan dan mengembangkan prduktivitas dan kreativitas karyawan, memaksimalkan kenyamanan dan moral dalam bekerja, memperkuat loyalitas dan kestabilan karyawan, menumbuhkan kedisiplinan dan mencatat tingkat absensi karyawan, mengayomi kesejahteraan karyawan, menumbuhkan rasa tanggung jawab karyawan tentang tugas yang diberikan, serta meningkatkan rasa syukur. Feedback positif dari manfaat pemberian motivasi pimipinan kepada karyawan sudah baik. Selain manfaat yang didapatkan dari pemberian motivasi pimpinan, juga terdapat hambatan yang didapatkan pada pemberian motivasi pimpinan kepada karyawan diantaranya pemimpin mengalami kesulitan dalam menentukan metode yang tepat dengan karyawan, kurangnya kesadaran dari diri karyawan membutuhkan motivasi, serta perbedaan sifat, karakter, dan kebutuhan. Dari hambatan tersebut, pimpinan sudah baik dalam menyelesaikannya dan memiliki kemampuan dalam menanggulangi hambatan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rakhmadhani, Galuh Dwigaluhdhani89@gmail.comB94218086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Ah. Aliaaarifin07@gmail.com2014126201
Subjects: Dakwah > Dakwah - Motivasi Kerja
Sumber Daya Manusia
Kepemimpinan
Keywords: Motivasi Pimpinan; Dompet Dhuafa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Galuh Dwi Rakhmadhani
Date Deposited: 10 Apr 2023 14:06
Last Modified: 10 Apr 2023 14:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55963

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item