Pengembangan perangkat model pembelajaran matematika berbasis proyek untuk melatihkan kemampuan literasi finansial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahardicka, Anizha Tyas (2022) Pengembangan perangkat model pembelajaran matematika berbasis proyek untuk melatihkan kemampuan literasi finansial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anizha Tyas Mahardicka_D74217030.pdf

Download (1MB)

Abstract

Literasi finansial merupakan kemampuan atau kecakapan hidup dalam mengelola keuangan yang perlu dimiliki oleh setiap orang untuk meningkatkan taraf hidupnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Dick and Carey. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis proyek, menguji kevalidan, kepraktisan perangkat pembelajaran matematika berbasis proyek, dan kemampuan literasi finansial peserta didik. Pengembangan perangkat pada penelitian ini meliputi RPP, modul, dan lembar proyek. Uji coba dilakukan pada 15 peserta didik kelas VIII MTsN 1 Nganjuk. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah catatan lapangan (field note), validasi, angket atau kuesioner, dan tugas proyek. Instrumen penelitian menggunakan hasil dari catatan lapangan, lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar angket, dan lembar proyek. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kevalidan perangkat pembelajaran, analisis kepraktisan perangkat pembelajaran, dan analisis hasil proyek. Hasil analisis data kebutuhan peserta didik menunjukkan bahwa 46,7% peserta didik belum pernah mengenal literasi finansial, dan 66,7% peserta didik belum pernah membuat laporan keuangan. Sedangkan dari hasil analisis studi literatur diperoleh informasi tentang materi aritmetika sosial, literasi finansial, serta referensi desain lembar proyek dan modul. Pada tahap perencanaan produk, peneliti menghasilkan desain RPP, modul, dan lembar proyek. Pada tahap pengembangan produk, peneliti menghasilkan RPP, modul, dan lembar proyek. Pada tahap validasi produk, peneliti memperoleh hasil validasi dari validator ahli, saran perbaikan untuk perangkat pembelajaran yang dikembangkan, dan hasil angket kepraktisan perangkat pembelajaran. Pada tahap penyempurnaan produk, menghasilkan RPP, modul, dan lembar proyek yang telah direvisi. Pada tahap uji coba lapangan, peneliti mendapatkan data hasil proyek dan data respon peserta didik terhadap lembar proyek dan modul yang dikembangkan. Hasil kevalidan perangkat pembelajaran dari para ahli adalah sebagai berikut: kevalidan RPP sebesar 3,97 dengan kategori valid; kevalidan modul sebesar 3,96 dengan kategori valid; dan kevalidan lembar proyek sebesar 3,97 dengan kategori valid. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata penilaian “B” yang berarti dapat digunakan dengan sedikit revisi. Hasil proyek literasi finansial menunjukkan 33,3% peserta didik berkemampuan literasi finansial “tinggi”, 53,4% peserta didik berkemampuan literasi finansial “sedang”, dan 13,3% peserta didik berkemampuan literasi finansial “rendah”. Sehingga pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis proyek untuk melatihkan kemampuan literasi finansial dapat digunakan untuk melatihkan literasi finansial peserta didik di MTsN 1 Nganjuk.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahardicka, Anizha Tyasanizhamahardicka@gmail.comD74217030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com--
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Matematika
Keywords: Proyek; literasi finansial; aritmetika sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Anizha Tyas Mahardicka
Date Deposited: 27 Jul 2023 12:09
Last Modified: 27 Jul 2023 12:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55968

Actions (login required)

View Item View Item