Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Temataik Kelas II C di Minu Ngingas Waru

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ifain, Agista (2022) Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Temataik Kelas II C di Minu Ngingas Waru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Agista Ifain_D07218003 OK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena kegiatan pembelajaran yang dilakukan dirasa masih kurang baik, seperti ketika kegiatan pembelajaran berlangsung siswa banyak yang bosan, mengantuk, dan beberapa siswa sering keluar masuk kelas. Dari sikap yang ditunjukkan siswa tersebut dapat dikatakan bahwa siswa memiliki motivasi belajar yang rendah, jika hal ini terus dibiarkan maka materi pembelajaran yang didapatkan sebelumnya tidak akan mampu dipahami siswa sepenuhnya.
Setelah mengetahui beberapa permasalahan yang muncul saat melakukan kegiatan observasi, maka peneliti merumuskan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa kelas II C di sekolah MINU Ngingas yang rendah.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (Pre Eksperimental One Group Pre-test Post-test Design). Penelitian ini hanya terdapat kelas eksperimen saja tanpa adanya kelas kontrol.
Hasil dari data yang didapat oleh peneliti terdapat pengaruh motivasi belajar siswa yang dibuktikan dari hasil perhitungan kategori skor yang didapat dari sebelum dan sedudah dilakukannya pemberlakuan. Kemudian hasil data dari penelitian pre-test dan post-test diolah kembali untuk mencari apakah ada atau tidak pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa dengan menggunakan Uji Paired Sample T-test ( uji T ). Apabila nilai sig. Kurang dari 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Data hasil output SPSS menunjukkan nilai sig 0,000 maka Ha diterima dan H0 ditolak dan terdapat pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran tematik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ifain, Agistaagista.If28@gmail.comD07218003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Guru
Motivasi Belajar
Keywords: Media Audio Visual; Motivasi Belajar; Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Agista Ifain
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:42
Last Modified: 27 Jul 2023 02:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55971

Actions (login required)

View Item View Item