Peran guru dalam memotivasi belajar siswa Kelas IV A MINU Waru 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Vianika, Veni (2022) Peran guru dalam memotivasi belajar siswa Kelas IV A MINU Waru 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Veni Vianika_D07218026 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini dikarenakan peneliti menemukan beberapa siswa yang sangat aktif dalam pembelajaran, guru yang berkompetent pada saat pembelajaran dan sering terjadi interaksi antara guru dengan siswa. Guru juga memberikan reward kepada siswanya yang aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan, siswa kelas IV A sangat antusias dan terlihat gembira pada saat melakukan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui peran guru dalam memotivasi belajar siswa di MINU Waru I Sidoarjo, (2) Untuk mengetahui hambatan apa saja yang terjadi dalam memotivasi belajar siswa di MINU Waru I Sidoarjo.(3) Untuk mengetahui Motivasi belajar siswa kelas IV A MINU Waru 1 Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan di MINU Waru 1 Sidoarjo pada semester genap 2022, lebih tepatnya pada bulan Juni. Metode yang digunakan dalam analisis ini yaitu jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian ini diperoleh dengan tiga teknik, yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Observasi dilakukan pada guru dan siswa, wawancara dilakukan pada guru dan siswa, Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasu waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Guru kelas IV A MINU WARU 1 Sudah berperan maksimal dalam memotivasi siswa dengan menjadi guru sebagai pembimbing, motivator, evaluator. Sebagai pembimbing, guru membantu siswa dalam kesulitan dan memahami setiap karakter siswa. Peran guru sebagai motivator yaitu memberikan hadiah sebagai penghargaan setelah melaksanakan tugas dengan cepat dan tepat. Dan guru menjadji evaluator dengan memberikan evaluasi berupa kuis dan ulangan harian agar mengetahui sudah atau belumnya tujuan tercapai. Motivasi belajar siswa kelas IV A MINU Waru 1 sudah sangat bagus. Dapat terlihat siswa memiliki minat dalam belajar, siswa memiliki keinginan untuk berhasil dalam menyelesaikan setiap tugasnya. Motivasi siswa yang tinggi tidak terlepas oleh guru yang berkompetent dan kreatif dalam mengembangkan potensi siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Vianika, Venivenivnk99@gmail.comD07218026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas’ud, SulthonUNSPECIFIED197309102007011017
Thesis advisorMusthofa, BahriUNSPECIFIED197307222005011005
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Keywords: Peran guru; motivasi belajar; siswa Kelas IV
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Veni Vianika
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:00
Last Modified: 19 Oct 2023 07:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55983

Actions (login required)

View Item View Item