Otoritas perempuan dalam buku ulama perempuan Madura karya Hasanatul Jannah perspektif Feminisme Fatima Mernissi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadhillah, Lutfiyah Nur (2022) Otoritas perempuan dalam buku ulama perempuan Madura karya Hasanatul Jannah perspektif Feminisme Fatima Mernissi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lutfiyah Nur Fadhillah_E01218011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji mengenai otoritas perempuan. Dapat ditelisik bahwa ternyata budaya patriarki masih bisa ditemukan di berbagai daerah, hal ini yang menjadikan bahwa otoritas perempuan menarik untuk dikaji seiring dengan berjalannya waktu yang mana sekarang banyak ditemukan ulama perempuan atau yang biasa disebut nyai. Otoritas perempuan di sini diawali dengan peran sederhana kaum perempuan di dalam mengayomi, melindungi masyarakat terutama kaum perempuan. Disini para perempuan ulama atau biasa disebut dengan nyai juga memilki peran di dalam pesantren, selain menjadi figur sentral disamping kiai, nyai juga menjadi ibu sekaligus madrasah bagi ribuan santrinya. Otoritas nyai akan tetap bertahan jika para nyai mampu memanfaatkan fasilitas yang ada pun bisa memencar ke daerah-daerah untuk melakukan dakwah. Dengan keterlibatan nyai pada peran non domestik ini ada sebagian kiai menganggap hal ini sebagai sesuatu yang wajar asalkan niatnya tidak bengkok untuk menonjolkan diri, apalagi sampai berambisi menjadi yang terdepan. Hal itu dianggap bukan maqom-nya karena selama masih ada kiai, otoritas tetap di tangan kiai. Hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa otoritas ulama perempuan Madura mempunyai kekuatan tanpa struktur untuk menghindari garis kepemimpinan dari hierarki patriarkis. Para nyai Madura tetap menjunjung tinggi penghormatan terhadap kiai di tengah kekuatannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadhillah, Lutfiyah NurLutfiyahnur09@gmail.comE01218011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofhani, Rofhaninanirofhani@gmail.com2030017101
Subjects: Budaya - Agama
Dakwah
Hak Asasi Manusia
Keywords: Otoritas Perempuan; Feminisme Fatima Mernissi; Ulama Perempuan Madura
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Lutfiyah Nur Fadhillah
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:21
Last Modified: 27 Jul 2023 08:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55986

Actions (login required)

View Item View Item