Makna hadis tentang retorika: telaah pemahaman hadis perspektif Muhammad Tahir al-Jawabi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizardi, Mahzar Bustami (2022) Makna hadis tentang retorika: telaah pemahaman hadis perspektif Muhammad Tahir al-Jawabi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizardi Mahzar Bustami_E95218098.pdf

Download (28MB)

Abstract

Kritik matan hadis tentang Bayan menggunakan metode kritik hadis prespektif Muhammad Taahir Al-Jawabi: studi pensyarahan hadis riwayat Abu Dawud nomor indeks 5011. Pemahaman terkait kritik hadis memberikan sumbangsih yang amat besar sehingga lahirlah ilmu-ilmu cabang dalam ilmu hadis. Upaya kritik matan disikapi sebagai hal yang dianak tirikan oleh Muhaddithin, salah satunya sebagaimana yang dipermasalahkan oleh seorang orientalis Goldziher, berangkat dari hal tersebut, di era kontemporer ini. Maka penulis mencoba mengupas kritik mata terhadap riwayat No.indeks 5011 dalam kitab Sunan Abu Da>wud, secara komprehensif. Beberapa analisa ilmiah yang terumuskan dalam kitab Juhud al-Muhaddithin buah pena Muhammad Tahir Al-Jawabi yang difokuskanya pada kajia kritik matan. Penelitian ini bersifat studi pustaka dalam menggali data, dan mendekskripsikan teks dengan wawasan konteks kekinian, adadua asumsi kuat yang merelevan dengan maksud bayan dalam hadis, yakni ilmu baya>n dan retorika. Sehingga rasa skeptis muncul untuk menyajikan jawaban dari misteri yang dikandung dalam matan hadis. Penelitian ini bukan hanya uji validitas amun berkenaan pula dengan upaya pemahaman makna hadis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizardi, Mahzar Bustamimhazarbustam@gamil.comE95218098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAtho'illah, Umarathoila_umar@gmail.com2014097902
Subjects: Ahlusunnah Waljama'ah
Etika
Hadis
Keywords: Makna retorika; perspektif al-Jawabi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Rizardi Mahzar Bustami
Date Deposited: 30 Nov 2022 03:43
Last Modified: 30 Nov 2022 03:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56001

Actions (login required)

View Item View Item