Konsep al-din al-nasiha sebagai strategi deradikalisasi: studi ma’anil hadis sunan tirmidhi nomor indeks 1926 melalui pendekatan sosiologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muwaffaq, Ahsan Sabiq (2022) Konsep al-din al-nasiha sebagai strategi deradikalisasi: studi ma’anil hadis sunan tirmidhi nomor indeks 1926 melalui pendekatan sosiologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahsan Saiq Muwaffaq_E95217020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Islam mengajarkan pemeluknya untuk selalu menjalankan ajaran yang diturunkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk selalu berbuat baik kepada sesama umat Islam dan kemanusiaan. Ini adalah pedoman dasar untuk selalu memberikan nasihat yang baik di antara sesama Muslim. Tindakan terorisme yang terjadi merupakan akibat dari paham radikalisme yang berdampak pada masyarakat, maka perlu dilakukan tindakan untuk mengatasi perilaku tersebut dengan cara mereduksi pemahaman dari akarnya agar tidak ada lagi tindakan terorisme yaitu strategi deradikalisasi bisnis melalui konsep agama adalah nasehat. Konsep agama adalah nasehat yang terkandung dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi nomor indeks 1926. Dalam penelitian hadis ini, agama adalah nasehat AL-DIN AL-NASIHA yang memuat konsep nasehat yang akan digunakan sebagai strategi pemberantasan radikalisme dengan menggunakan pendekatan sosiologis. Penelitian ini diperkuat dengan kajian kritis terhadap sanad dan matan hadits serta pemanfaatan ilmu ma'anil hadits untuk menggali makna yang lebih dalam dan lengkap dalam hadits tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari data tentang kualitas dan validitas hadis serta mendapatkan makna hadis yang akan dijadikan dasar strategi deradikalisasi untuk menghindari radikalisme. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang disebut dengan penelitian kepustakaan, proses analisisnya terdiri dari pengumpulan data kepustakaan dari buku, buku dan jurnal. Data utama yang digunakan adalah kitab hadis Sunan Tirmidhi. Data sekunder menggunakan literatur yang relevan dan mendukung objek penelitian. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah kualitas hadits tentang agama adalah nasehat al-Din al-Nasiha kisah Imam Tirmidzi nomor indeks 1926 ditinjau dari makna hadits tersebut. makna isi yang terkandung dalam islam adalah nasehat yang artinya sebagai muslim kita harus menyeimbangkan hubungan kita dengan Allah Swt sebagai pencipta, Rasulallah sebagai utusan, Alquran sebagai pedoman dan kaum Muslimin sebagai saudara yang wajib menasehati sesama di jalan kebaikan. Hadis ini memiliki derajat hadis dengan kualitas sahih ligharihihi yang dapat diamalkan dan dijadikan hujjah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muwaffaq, Ahsan Sabiqsabiqmuwaffaq@gmail.comE95217020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIlmiyah, Dakhirotuldakhirotulilmiyah74@gmail.com2007027401
Subjects: Agama
Hubungan Masyarakat
Toleransi Islam
Hak Asasi Manusia
Keywords: Konsep,; Agama Nasihat; Sunan Tirmidhi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Ahsan Sabiq
Date Deposited: 26 Jul 2023 12:21
Last Modified: 26 Jul 2023 12:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56003

Actions (login required)

View Item View Item