Hubungan self-control dengan kepatuhan protokol Covid-19 pada remaja pasca pelonggaran penggunaan masker di Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aziz, Muhammad Dzul Hilmi (2022) Hubungan self-control dengan kepatuhan protokol Covid-19 pada remaja pasca pelonggaran penggunaan masker di Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Dzul Hilmi Aziz_J71215129 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Self-control merupakan kemampuan seseorang untuk memodifikasi perilaku, mengelola informasi yang dimiliki baik yang diinginkan atau tidak diinginkan. Sedangkan kepatuhan merupakan sebuah perilaku yang ditandai dengan perilaku positif berupa ketaatan seorang individu yang meyakini, menerima, dan juga melakukan sebuah peraturan yang berlaku. Peneliti tertarik untuk meneliti fenomena mengenai protokol kesehatan covid-19 yang terdapat di lingkungan sekolah, dengan menggunakan kedua variabel tersebut. Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui hubungan seperti apa yang terdapat diantara kedua variabel diatas pada fenomena protokol kesehatan yang erat kaitannya dengan covid-19. Sampel pada penelitian ini diambil dari populasi siswa yang terdapat di SMPN 2 Buduran, sebanyak 99 siswa. Pengambilan data dilakukan menggunakan instrumen berupa dua skala berbeda, yakni skala self-control dan skala kepatuhan, dan penentuan skor menggunakan skala likert jenjang 1-4. Berdasarkan hasil penelitian diketahui nilai korelasi p = 0.000 < 0.05 dan r = 0,783. Artinya, terdapat hubungan yang signifikan antara self-control dengan kepatuhan protokol kesehatan covid-19 pada siswa SMPN 2 Buduran. Mengacu pada hasil yang sama pula dapat diketahui bahwa hipotesis yang diajukan diterima, terdapat hubungan positif antara self-control dengan kepatuhan protokol kesehatan covid-19 pada siswa SMPN 2 Buduran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aziz, Muhammad Dzul Hilmihanjuilhan@gmail.comJ71215129
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosyidi, Hamimamimrosyidi@gmail.com / hamim_rosyidi@yahoo.co.id2024086201
Subjects: Psikologi
Keywords: self-control; kepatuhan
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Muhammad Dzul Hilmi Aziz
Date Deposited: 27 Jul 2023 13:54
Last Modified: 27 Jul 2023 13:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56004

Actions (login required)

View Item View Item