Pengembangan pembelajaran Matematika Model Blended Learning berbasis E-Learning Madrasah untuk Meningkatkan Literasi Digital

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Larasati, Tatag Indah (2022) Pengembangan pembelajaran Matematika Model Blended Learning berbasis E-Learning Madrasah untuk Meningkatkan Literasi Digital. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tatag Indah Larasati_D04217025 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi beberapa fakta yang menunjukkan bahwa kemampuan literasi digital peserta didik masih sangat rendah. Oleh karena itu dirasa penting mengembangkan literasi digital peserta didik khususnya dalam pembelajaran matematika. Pengembangan kemampuan literasi digital dapat dilakukan dengan mengembangkan metode blended learning. Metode blended learning terdiri dari pembelajaran online dan offline yang di dalamnya dapat memaksimalkan penggunaan media digital, sehingga dapat melatih kemampuan literasi digital peserta didik. Guna mewadahi pembelajaran online dalam blended learning dibutuhkan sebuah aplikasi, dalam penelitian ini akan digunakan aplikasi E-Learning Madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, efektivitas dan pengaruh pengembangan perangkat pembelajaran RPP dan LKPD metode blended learning berbasis E-Learning Madrasah untuk meningkatkan kemampuan literasi digital. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu (1) Define (pendefinisian), (2) Design (Perancangan), (3) Development (pengembangan), (4) Disseminate (Penyebaran). Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu field note, validasi ahli, tes hasil belajar dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis proses pengembangan, analisis kevalidan perangkat pembelajaran, analisis efektivitas perangkat pembelajaran dan analisis peningkatan kemampuan literasi digital. Hasil analisis data diperoleh informasi pada tahap define pembelajaran matematika di kelas X-IPS 3 MAN 3 Jombang masih menggunakan metode ceramah, kurang memanfaatkan fasilitas dan teknologi, dan literasi digital peserta didik masih rendah. Pada tahap design dilakukan pembuatan rancangan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD blended learning sebagai solusi permasalahan di tahap define. Pada tahap development dilakukan validasi dan revisi perangkat pembelajaran sesuai masukan dari validator. Pada tahap disseminate perangkat yang sudah dikembangkan di sebarkan secara terbatas kepada guru matematika MAN 3 Jombang. Hasil validasi didapat nilai rata-rata kevalidan sebesar 3,4 dengan kriteria valid, dan rata-rata nilai kevalidan LKPD sebesar 3,3 dalam kategori valid. Hasil analisis efektivitas didapat rata-rata tes hasil belajar peserta didik adalah 82,5. Nilai tersebut lebih dari KKM yaitu 75, dan persentase peserta didik lolos KKM sebanyak 79% termasuk ke dalam kategori baik sesuai tabel 3.4, sehingga perangkat pembelajaran dapat dikatakan efektif. Melalui uji N-gain didapat nilai N-gain sebesar 0,682 yang berarti perangkat yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan literasi digital peserta didik dengan kategori sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Larasati, Tatag Indahtataglarasati11@gmail.comD04217025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Subjects: Guru
Matematika
Keywords: Blended Learning; E-Learning Madrasah; Literasi Digital
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Tatag Indah Larasati
Date Deposited: 30 Jul 2023 02:05
Last Modified: 30 Jul 2023 02:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56022

Actions (login required)

View Item View Item