Konsep pendidikan Najelaa Shihab dan relevansinya dengan pendidikan Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fakhiroh, Tsinta Zubdatul (2022) Konsep pendidikan Najelaa Shihab dan relevansinya dengan pendidikan Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tsinta Zubdatul Fakhiroh_D91216080 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hakikat pendidikan adalah kehidupan. Dimana berlangsung sepanjang hayat serta berkembang beriringan dengan perkembangan zaman. Begitupun konsep pendidikan yang telah mengalami banyak perbaikan dan penyesuaian terhadap perkembangan zaman. Salah satunya sebuah konsep pendidikan yang disampaikan oleh Najelaa Shihab seorang inisiator pendidikan di Indonesia. Adapun konsep pendidikan Islam yang menjadi salah satu konsep dasar pendidikan di Indonesia dan masih diterapkan dalam berbagai lembaga pendidikan. Sehingga, dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah ; (1) Bagaimana pendidikan menurut Najelaa Shihab (2) Bagaimana relevansi konsep pendidikan menurut Najelaa Shihab dengan pendidikan Islam. Menjawab permasalahan di atas dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi pustaka (library research) dengan pendekatan filosofis untuk mendapatkan pengetahuan dengan menitik beratkan pada pengamatan yang bersumber dari data primer; buku karya Najelaa Shihab serta data sekunder; data-data yang berkaitan dengan penelitian. Kemudian, dirangkum menggunakan metode dokumentasi untuk mengumpulkan data yang mendukung untuk menjawab permasalah. Sehingga, analisis data dapat dilakukan dengan menganalisis isi data yang terkumpul untuk dipilah dan disusun secara sistematis sesuai data sejenisnya. Hasil dari penelitian menunjukkan; (1) Pendidikan perspektif Najelaa Shihab adalah proses belajar, bergerak dan bermakna serta merdeka dalam belajar melalui pendekatan yang memanusiakan hubungan. (2) Secara umum pendidikan menurut Najelaa Shihab memilki keterkaitan dengan pendidikan Islam dan ditemukan sedikit perbedaan pandangan terkait murid yang dalam pendidikan Islam murid dipandang sebagai objek dan subjek sedangkan menurut Najelaa Shihab murid adalah subjek pendidikan yang perlu diperhatikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fakhiroh, Tsinta Zubdatulfakhi.oh@gmail.comD91216080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Konsep; pendidikan; Najelaa Shihab; relevansi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tsinta Zubdatul Fakhiroh
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:21
Last Modified: 22 Sep 2022 02:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56025

Actions (login required)

View Item View Item