Pesan dakwah Ustaz Jefri Al Buchori dalam syair lagu: shalawat cinta

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawan, Dwiki Iqbal (2022) Pesan dakwah Ustaz Jefri Al Buchori dalam syair lagu: shalawat cinta. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwiki Iqbal Rahmawan_B71218057 OK.pdf

Download (842kB)

Abstract

Identifikasi permasalahan menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis wacana model Teun A. Van Dijk yang berfokus pada teks, kognisi sosial dan konteks sosial. Setelah dianalisis dari segi teks, lagu “Shalawat Cinta” mengandung pesan dakwah akidah yakni ajakan berselawat kepada Rasulullah SAW. Pada segi kognisi sosial, pencipta lagu yakni ustaz Jefri Al Buchori merupakan pendakwah yang cukup terkenal di Indonesia dengan suara merdunya. Sedangkan pada sisi konteks sosial, latar masyarakat Indonesia yang menjadi tempat berkumpulnya beragam tipe manusia pada saat itu ialah pasar tradisional. Maka latar pasar tradisional dipilih sebagai latar video klip lagu “Shalawat Cinta”. Rekomendasi dalam skripsi ini diharapkan dapat dijadikan acuan penelitian selanjutnya yang juga meneliti pesan dakwah dalam syair lagu “Shalawat Cinta” oleh Ustaz Jefri Al Buchori agar menggunakan metode analisis yang lainnya dan bisa menggali lebih dalam lagi pembahasan penelitian didalamnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawan, Dwiki Iqbaldwiki11048@gmail.comB71218057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRazi, Fahrurfroziyas@yahoo.co.id2012066901
Subjects: Dakwah
Keywords: Da'wah Message; Shalawat; Song Da'wah; Discourse Analysis Teun A Van Dijk
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dwiki Iqbal Rahmawan
Date Deposited: 31 Jul 2023 01:59
Last Modified: 31 Jul 2023 01:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56041

Actions (login required)

View Item View Item