Fasik dalam al-Qur'an Perspektif M. Quraish Shihab: telaah tematik Tafsir al-Mishbah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maimunah, Maimunah (2022) Fasik dalam al-Qur'an Perspektif M. Quraish Shihab: telaah tematik Tafsir al-Mishbah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maimunah_E93215121.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fasik termasuk dalam hal merusak akidah Islam. Fasik merupakan suatu perbuatan yang melanggar ketentuan-ketentuan Allah. Apabila ketentuan-ketentuan Allah itu dilanggar maka akan menimbulkan dampak negatif dalam kehidupan, baik terhadap pelakunya maupun lingkungannya. Banyaknya penyebutan ayat tentang fasik dalam Alquran menunjukkan bahwa ada ragam perbuatan yang menyimpang dasar-dasar agama yang telah terjadi di masa lampau dan pada saat ini.Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana fasik dalam Alquran dan bagaimana konsep fasik menurut M. Quraish Shihab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat kepustakaan (Library Research) serta data dikelola secara deskriptif analitis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, dalam penelitian ini, fasik dalam Alquran dijelaskan dalam QS. Al-Baqarah Ayat 26, QS. Al-Maidah ayat 3, QS. Al-Ankabut ayat 34, QS. At-Taubah ayat 84, QS. As-Sajadah Ayat 20, QS. Al-Hujurat ayat 6. Kedua, kefasikan ialah bentuk sifat yang menjadikan manusia keluar dan menjauh dari kebenaran serta keadilan. Ia keluar karena kemauannya sendiri dari tuntutan ilahi, ia dengan mudah dikeluarkan dari kebenaran yang tadinya telah melekat dalam dirinya. Fasik bisa mengakibatkan yang bersangkutan dinilai keluar dari koridor Islam dan bisa juga dinilai keluar dari ketaatan kepada Allah walau tetap masih dinilai dalam koridor Islam. Bagi seseorang yang telah melakukan perbuatan fasik, ia tidak akan menerima petunjuk dan ampunan dari Allah SWT kecuali mereka bertaubat dan tempat bagi orang-orang yang berbuat fasik adalah neraka. Adapun cara menghadapi orang yang fasik, tentu dengan lebih selektif dalam menerima informasi/berita dan senantiasa tabayyun serta klarifikasi terlebih dahulu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maimunah, Maimunahmymun2701@gmail.comE93215121
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Mohammad Hadihadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Subjects: Akhlak > Akhlak Tercela
Keywords: Fasik; Tematik; M. Quraish Shihab; Tafsir al-Mishbah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Maimunah Maimunah
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:34
Last Modified: 27 Jul 2023 08:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56062

Actions (login required)

View Item View Item