Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku cerita Fabel dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dimas Ariyadi, Dicky (2022) Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku cerita Fabel dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dicky Dimas Ariyadi_D07215008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya nilai-nilai karakter pada anak usia sekolah dasar yang menyebabkan beberapa kasus seperti tawuran, bullying, balap liar, dan kekerasan. Di tengah pademi covid-19 bermunculan kasus yang menjerat anak usia sekolah dasar seperti anak yang melakukan balapan liar, semakin banyak anak usia sekolah dasar (SD) yang sudah merokok, terjangkit narkoba, hingga seks dini. Salah satu bahan bacaan peserta didik adalah buku cerita, sebagai tempai menimba ilmu. Oleh karena itu, upaya yang dilakukan peneliti adalah menganalisis nilai-nilai karakter yang terkandung dalam buku cerita berjenis fabel. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku Cerita Fabel?, 2) Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam dalam buku Cerita Fabel dengan indikator nilai-nilai karakter dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kurikulum 2013?. Jenis penelitian ini adalah Library Research dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Library research ini dilaksanakan dengan menggunakan literatur baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian terdahulu. Pendekatan kualitatif ini diambil karena dalam penelitian sasaran atau objek penelitian dibatasi agar data-data dapat digali sebanyak mungkin serta dimungkinkan tidak adanya pelebaran dalam objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku cerita “Kalah oleh Si Cerdik” terdapat enam cerita anak yang berjenis fabel dengan persentase nilai-nilai utama karakter yang terkandung antara lain nilai mandiri dengan persentase 80%, gotong royong 80%, religius 60%, integritas 20% serta nasionalis 0%. 2) Relevansi dari lima nilai utama karakter yang ditemukan pada 6 cerita anak berjenis fabel di buku cerita “Kalah oleh Si Cerdik dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kurikulum 2013 diantaranya pada nilai karakter mandiri relevan dengan indikator nilai yaitu mandiri, tangguh tahan banting serta bekerja keras. Nilai karakter gotong royong relevan dengan nilai yaitu mengajak orang lain bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, serta saling tolong menolong, nilai karakter religius relevan dengan nilai pendidikan karakter yaitu sikap cinta damai. Dan nilai karakter integritas relevan dengan nilai pendidikan karakter yaitu kejujuran serta tanggung jawab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dimas Ariyadi, Dickydickydimasariyadi@gmail.comD07215008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJauharoti, Alfin-2006067301
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Subjects: Pendidikan
Buku
Keywords: Nilai pendidikan karakter; cerita Fabel; library research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dicky Dimas Ariyadi
Date Deposited: 22 Nov 2022 04:44
Last Modified: 22 Nov 2022 04:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56074

Actions (login required)

View Item View Item