Komunikasi virtual gamer squad Conslaw Mobile Legends dalam tournament online

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amin, Achmad Chusaini Nasichul (2022) Komunikasi virtual gamer squad Conslaw Mobile Legends dalam tournament online. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Chusaini Nasichul Amin_B95218092.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti melakukan penelitian mengenai suatu proses komunikasi virtual di komunitas maya, tepatnya pada komunitas maya yang ada di game online Mobile Legends yang di akses melalui smartphone. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu, Bagaimana proses komunikasi virtual squad Conslaw game Mobile Legends membentuk tim yang solid dan kompak dalam mengikuti turnamen. Pendekatan penelitian ini menggunakan Fenomenologi dan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan cara wawancara, dokumentasi dan teknik analisis datanyaberupa analisis interaktif yang disajikan dengan 4 sub proses, yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini terdapat proses komunikasi yang berawal dari penyampaian pesan dari sebuah ide atau gagasan seseorang anggota squad Conslaw melalui Chat Room dan media komunikasi tambahan Google Meet yang kemudian pesan tersebut diserap dan dipahami oleh anggota lainnya dan timbullah berbagai feedback yang menyababkan adanya interaksi yang membangun suatu koordinasi yang dapat dilihat pada fase draft-pick (pemilihan hero) dan fase in-game (didalam game). Dari adanya suatu proses komunikasi virtual juga memunculkan adanya pola komunikasi horizontal atau sejajar

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amin, Achmad Chusaini Nasichulsikul.acchu@gmail.comB95218091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuchlis, Muchlismuchlis_79@yahoo.com2024117902
Subjects: Game Online
Ilmu Komunikasi
Lingkungan Hidup
Keywords: proses komunikasi; komunikasi virtual; gamer; game online; Mobile Legends
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Achmad Chusaini Nasichul Amin
Date Deposited: 29 Apr 2023 14:35
Last Modified: 29 Apr 2023 14:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56081

Actions (login required)

View Item View Item