Hadis tentang shalat tasbih dalam Kitab Sunan Ibnu Majah nomor indeks 1387: persepsi jamaah Masjid Kemayoran Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farid, Rahman Hakim (2022) Hadis tentang shalat tasbih dalam Kitab Sunan Ibnu Majah nomor indeks 1387: persepsi jamaah Masjid Kemayoran Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farid Rahman Hakim_E75218042 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Farid Rahman Hakim, Hadis Tentang Shalat Tasbih Dalam Kitab Sunan Ibnu Majah Nomor Indeks 1387 (Studi Kasus Di Jamaah Masjid Kemayoran Surabaya) Permasalahan mengenai ibadah sering kali diperbincangkan oleh Sebagian masyarakat, terutama dalam memahami hadis, yang merupakan sumber pokok kedua setelah al-Qur’an. Adapun ibadah shalat tasbih yang cukup menimbulkan problematika di kalangan masyarakat karena minimnya pengetahuan akan ibadah shalat tasbih. Dengan fokus permasalahan terkait keabsahan hadis shalat tasbih, penerapannya terhadap jamaah masjid Kemayoran dan implikasinya terhadap masyarakat di Kawasan masjid Kemayoran. melalui pendekatan ilmu ma’anil hadis dan metode penelitian kualitatif (field research) yang mengarah pada perilaku dan konflik masyarakat didukung dengan bantuan data primer dan sekunder. Adapun hasil akhir yang didapat dari penelitian ini, (1) Status hadis dalam riwayat kitab hadis Sunan Ibnu Majah menempati posisi S}ahih li ghairihi.karena para perawi yang Muttasil Sanadnya. (2) Shalat tasbih di masjid kemayoran biasanya melakukannya pada malam-malam ganjil, tepatnya pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan atau pada pada waktu jam satu malam sampai jam dua malam. (3) Adapun implikasinya Menurut mereka yang pertama, ketika sedang melakukan salat tasbih, Kedua, mereka lebih bisa mensyukuri nikmat Allah. Ketika mereka seusai melakukan shalat tasbih mereka merasa bersyukur, senang dan menangis karena rezekinya lebih dimudahkan. Ketiga, Mereka yang terbiasa melakukan shalat tasbih mereka lebih merasakan kenikmatan ketika sering melakukan shalat tasbih setiap hari, ada juga yang melakukan setiap minggu, ada juga yang melakukan setiap tahun di bulan ramadhan dan ada juga yang melakukannya seumur hidup sekali.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farid, Rahman Hakime75218042@uinsby.ac.idE75218042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFadlilah, Nurnurfadlilah.uinsa@gmail.com2031015801
Subjects: Masjid
Salat
Hadis
Keywords: Abu Dawud; Shalat tasbih; Masjid Kemayoran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Farid Farid Rahman Hakim
Date Deposited: 29 Jul 2023 14:48
Last Modified: 29 Jul 2023 14:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56132

Actions (login required)

View Item View Item