Moderasi beragama dalam buku “Sesaudara Dalam Iman, Sesaudara Dalam Kemanusiaan” karya Edi AH Iyubenu: analisis hermeneutika Hans George Gadamer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulivina, Rimanda (2022) Moderasi beragama dalam buku “Sesaudara Dalam Iman, Sesaudara Dalam Kemanusiaan” karya Edi AH Iyubenu: analisis hermeneutika Hans George Gadamer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rimanda Maulivina_E71218062.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai moderasi beragama, inti moderasi beragama yakni dapat menyikapi dan mengamalkan semua konsep secara seimbang dan adil. Proses moderasi beragama dapat dilihat dari tiga aspek yaitu tidak memihak, tidak bersikap sewenang-wenang, serta berpihak pada kebenaran. Dalam buku karya Edi AH Iyubenu yang berjudul “Sesaudara Dalam Iman, Sesaudara Dalam Kemanusiaan” penulis mengungkapkan argumen bahwa kita sebagai umat manusia harus mempunyai sifat Wuddan (welas asih) dan Haunan (rendah hati) sebagai salah satu ciri orang yang beriman dan beramal baik. Banyak pembahasan yang mengajarkan kepada umat manusia agar menjunjung tinggi nilai etika dan kemanusiaan. Buku ini ditulis sebagai ungkapan atas banyaknya ujaran kebencian terutama dari media sosial sebagai salah satu tempat yang sering dijumpai dengan berbagai penghinaan, ujaran kebencian, saling merendahkan, bahkan tudingan sesat-menyesatkan dan kafir-mengkafirkan sehingga didalamnya membahas ajaran-ajaran tentang pentingnya moderasi beragama dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini menggunakan teori hermenutika Hans George Gadamer dan diulas dengan menggunakan metode kualitatif (Library Research). Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa dalam buku “Sesaudara Dalam Iman, Sesaudara Dalam Kemanusiaan” terdapat ajaran-ajaran moderasi beragama serta mengedepankan sikap teladan dengan menghormati segala perbedaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulivina, Rimandarimandamaulivinaa@gmail.comE71218062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Loekisno Choirilluckys.no@gmail.com2027036302
Subjects: Toleransi
Keywords: Moderasi Beragama; Hermeneutika; Hans George Gadamer
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Rimanda Maulivina
Date Deposited: 01 Aug 2023 06:09
Last Modified: 01 Aug 2023 06:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56151

Actions (login required)

View Item View Item