Faktor penentu tindakan whistleblowing Aparatur Sipil Negara Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Herina (2022) Faktor penentu tindakan whistleblowing Aparatur Sipil Negara Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Herina Rahmawati_G92218078.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat pegawai aparatur sipil negara Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur melalui locus of control internal, komitmen afektif, personal cost, dan keseriusan pelanggaran dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik kuesioner yang diperoleh langsung dari responden aparatur sipil negara Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah 105 responden. Adapun analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian yang diperoleh adalah, locus of control internal, komitmen afektif, personal cost tidak berpengaruh terhadap niat untuk melakukan tindakan whistleblowing. Hal tersebut didukung oleh nilai p-values ketiga variabel tersebut tidak ada yang memenuhi standar signifikansi 0,05. Sedangkan, keseriusan pelanggaran berpengaruh secara positif terhadap niat untuk melakukan tindakan whistleblowing yang ditunjukkan dengan nilai p-values 0,000. Sebagai tambahan, religiusitas tidak dapat memoderasi locus of control internal, komitmen afektif, personal cost terhadap whistleblowing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Herinaherinarahmawati0807@gmail.comG92218078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunjunan, Mochammad Ilyasmij@uinsby.ac.id2030039303
Subjects: Akuntansi
Keywords: Tindakan whistleblowing; Aparatur Sipil Negara; Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Herina Rahmawati
Date Deposited: 01 Dec 2022 03:20
Last Modified: 01 Dec 2022 03:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56175

Actions (login required)

View Item View Item