Peningkatan penguasaan kosakata bahasa inggris materi numbers melalui metode Talking Stick pada kelas III SD Alkhairiyah I Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'diyah, Halimatus (2022) Peningkatan penguasaan kosakata bahasa inggris materi numbers melalui metode Talking Stick pada kelas III SD Alkhairiyah I Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Halimatus Sa'diyah_D97218087.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat penguasaan kosakata bahasa Inggris materi numbers pada siswa kelas III B SD Alkhairiyah I Surabaya. Hal tersebut diketahui dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 32 siswa, ada 17 siswa mendapatkan nilai di atas KKM sedangkan 15 lainnya mendapat nilai di bawah KKM. Sehingga usaha dalam memecahkan permasalahan tersebut, peneliti menerapkan metode talking stick dalam pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas III SD Alkhairiyah I Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan metode talking stick dalam pembelajaran bahasa Inggris materi numbers di kelas III SD Alkhairiyah I Surabaya. 2) Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris dengan menggunakan metode talking stick pada siswa kelas III SD Alkhairiyah I Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III B SD Alkhiairyah I Surabaya sebanyak 32 siswa. Peneliti menggunakan dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes tulis dan tes lisan serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode talking stick pada materi numbers mata pelajaran bahasa Inggris berlangsung dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 75 (cukup baik) meningkat pada siklus II sebesar 92,6 (sangat baik). Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 75 (cukup baik) dan meningkat sebesar 91,6 (sangat baik) di siklus II. 2) Ada peningkatan penguasaan kosakata siswa kelas III B SD Alkhairiyah I Surabaya. Hal tersebut dapat diketahui melalui persentase ketuntasan tes tulis dan lisan siswa di setiap siklus. Persentase ketuntasan siswa sebesar 66% untuk tes tulis dan 56% di siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 94% untuk tes tulis dan 88% untuk tes lisan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'diyah, Halimatushalimatussdyh2211@gmail.comD97218087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Subjects: Bahasa Inggris
Metode Pembelajaran
Keywords: Penguasaan; Bahasa Inggris; Metode Talking Stick
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Halimatus Sa'diyah
Date Deposited: 27 Dec 2022 05:25
Last Modified: 27 Dec 2022 05:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56178

Actions (login required)

View Item View Item