Peran komunikasi interpersonal dalam upaya meningkatkan kerja teamwork: studi kasus pada pegawai Seksi Bimbingan Masyarakat Islam di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktaviani, Diyah Ayu (2022) Peran komunikasi interpersonal dalam upaya meningkatkan kerja teamwork: studi kasus pada pegawai Seksi Bimbingan Masyarakat Islam di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diyah Ayu Oktaviani_B74218040 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah menggambarkan bagaimana karakteristik komunikasi interpersonal pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban serta untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan untuk dapat meningkatkan teamwork pada pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian kualitatif yang digunakan ialah pendekatan deskriptif. teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan informasi dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban yakni dengan teknik wawancara, teknik observasi serta teknik dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan setelah melakukan pengamatan di lapangan menggambarkan bahwa karakteristik komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh pegawai Seksi Bimbingan Masyarakat Islam pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban yakni memiliki karakteristik diantaranya memiliki sikap keterbukaan (openness), sikap empati (empathys), saling memberikan energi positif (positiveness) serta sikap saling mendukung dalam melakukan pekerjaan. Kemudian, dalam mupaya meningkatkan teamwork, pegawai Seksi Bimbingan Masyarakat Islam melakukan beberapa upaya diantaranya yakni dengan pembagian tugas sesuai jobdesk, melakukan pertemuan internal secara rutin untuk menjalin komunikasi yang baik, adanya kepemimpinan yang aktif serta partisipatif, serta peneliti menemukan upaya baru dalam peningkatan teamwork pada pegawai Seksi BIMAS Islam yakni dengan adanya evaluasi rutin yang dilakukan oleh Kepala Seksi BIMAS Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktaviani, Diyah Ayudiyahviani16@gmail.comB74218040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Achmad Khoirulahmad_khairul_hakim@yahoo.com2003121001
Subjects: Komunikasi
Keywords: komunikasi interpersonal
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Diah Ayu Oktaviani
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:18
Last Modified: 02 Aug 2023 01:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56184

Actions (login required)

View Item View Item