Peran Haji Oemar Said Tjokroaminoto menumbuhkan semangat pergerakan bangsa dalam kemerdekaan Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amal, Ikhlasul (2022) Peran Haji Oemar Said Tjokroaminoto menumbuhkan semangat pergerakan bangsa dalam kemerdekaan Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ikhlasul Amal A02217015 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul, Peran Haji Oemar Said Tjokroaminoto menumbuhkan semangat pergerakan bangsa dalam kemerdekaan Indonesia merupakan penelitian kajian pustaka. Adapun permasalahan yang dibahas pada skripsi ini sebagai berikut; 1). membahas secara objektif sejarah riwayat hidup dari seorang Haji Oemar Said Tjokroaminoto, 2). mengetahui pemikiran-pemikiran Haji Oemar Said Tjokroaminoto, 3). mengetahui peran Haji Oemar Said Tjokroaminoto menumbuhkan semangat pergerakan bangsa dalam kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis dan sosiologis. Dan adapun penelitian ini dilakukan menggunakan langkah-langkah metode penelitian sejarah, yakni heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori dari Max Webber yaitu teori kharismatik dan teori peran dari Robert Linton. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menyimpulkan (1) Haji Oemar Said Tjokroaminoto lahir pada 16 Agustus 1882 di Desa Bakur, Madiun, Jawa Timur. (2) Haji Oemar Said Tjokroaminoto memiliki pemikiran-pemikiran yang berpengaruh bagi pergerakan bangsa yang berlandaskan Islam, seperti pemikiran sosialisme Islam dan nasionalisme Islam (3) Tjokroaminoto mempersiapkan dan menempa tokoh-tokoh pergerakan bangsa, seperti Soekarno, Alimin, Kartosuwirjo, dalam perjuangan menuju kemerdekaan Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amal, Ikhlasulikhlasamal107@gmail.comA02217015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Thesis advisorRochimah, Rochimahzachmad06@gmail.com2004116902
Subjects: Biografi
Politik
Serikat Islam
Keywords: Haji Oemar Said Tjokroaminoto; pergerakan bangsa; kemerdekaan Indonesia
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ikhlasul Amal
Date Deposited: 22 Sep 2022 07:32
Last Modified: 22 Sep 2022 07:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56194

Actions (login required)

View Item View Item