Studi penafsiran ayat-ayat tentang wabah dalam Al Quran perspektif Imam al Qurtubi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husna, Rizqy Amalia (2022) Studi penafsiran ayat-ayat tentang wabah dalam Al Quran perspektif Imam al Qurtubi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizqy Amalia Husna_E73218066 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai persoalan wabah beserta dampaknya. Wabah adalah penyakit yang dapat menyerang banyak orang dengan cara menular dan sangat cepat sehingga menimbulkan banyak korban jiwa. Di dalam Al-Qur’an terdapat ayat-ayat yang menceritakan mengenai adanya wabah dan termasuk kedalam ayat-ayat kisah. Pada ayat-ayat tersebut menjelaskan bagaimana asal mula mereka tertimpa wabah hingga jenis wabah yang mereka derita. Dalam menganalisis persoalan tentang wabah, penulis menggunakan pendekatan tafsir tematik (Maudhu’i) dan merujuk pada pandangan salah satu mufassir klasik yakni Imam al-Qurtubi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penjelasan imam al-Qurtubi mengenai wabah beserta dampak yang ditimbulkan. Kesimpulan dari proses analisa ini menjelaskan bahwa datangnya wabah pada suatu kaum menurut imam al-Qurtubi tidak mungkin tanpa suatu alasan, baik diawali dengan adanya penyimpangan pelaku dalam masyarakat hingga murni ujian kesabaran maupun ketaatan dalam menjalani perintah Allah SWT. Fenomena ini bukan saja terjadi pada zaman modern saat ini, tetapi juga terjadi dimasa dahulu. Wabah penyakit menular yang melanda umat manusia sekarang dan masa lalu secara keseluruhan banyak memiliki perbedaan. Bahkan dampak yang ditimbulkan pun juga mengalami perbedaan. Dengan demikian pembahasan terkait dampak dari wabah yang dijelaskan di dalam Al-Qur’an urgen untuk dilakukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husna, Rizqy Amaliarizqyamalia19@gmail.comE73218066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyarief, Muhammadm.syarief@uinsby.ac.id2010105601
Subjects: Al Qur'an
Keywords: Wabah; kitab tafsir Jami li ahkam Al Quran karya Imam al Qurtubi; dampak
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Rizqy Amalia Husna
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:54
Last Modified: 22 Sep 2022 03:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56203

Actions (login required)

View Item View Item