Analisis pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan masalah pola bilangan ditinjau dari gaya kognitif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Masrifatul (2022) Analisis pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan masalah pola bilangan ditinjau dari gaya kognitif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Masrifatul Hasanah_D74216065.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematika adalah kemampuan siswa dalam mengaplikasikan ide-ide abstrak dalam pelajaran matematika yang telah dipelajarinya dengan cara mendeskripsikan atau mengungkapkan kembali ide-ide abstrak tersebut secara spesifik menggunakan kalimatnya sendiri dengan menggunakan acuan indikator pemahaman konsep matematika menurut Depdiknas yang terdiri 7 indikator. Adanya perbedaan gaya kognitif yang dimiliki siswa menyebabkan pemahaman konsep matematika yang dimiliki setiap siswa juga berbeda-beda.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan masalah pola bilangan ditinjau dari gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling yang diambil 4 siswa yaitu 2 siswa yang memiliki gaya kognitif visualizer dan 2 siswa yang memiliki gaya kognitif verbalizer dari kelas VIII SMPN 55 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian adalah dengan menggunakan tes penyelesaian masalah pola bilangan dan wawancara. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki gaya kognitif visualizer mampu memenuhi indikator pemahaman konsep matematika 1 (menyatakan ulang sebuah konsep), 2 (mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu), 3 (memberikan contoh dan non contoh dari konsep), 4 (menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis), 5 (mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep), dan 7 (mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah) dan berdasarkan skor yang diperoleh siswa dalam menyelesaikan masalah pola bilangan adalah kategori tinggi. Siswa yang memiliki gaya kognitif verbalizer mampu memenuhi indikator pemahaman konsep matematika indikator 1 (menyatakan ulang sebuah konsep), 2 (mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu), 3 (memberikan contoh dan non contoh dari konsep), 5 (mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep), dan 7 (mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah) dan berdasarkan skor yang diperoleh siswa dalam menyelesaikan masalah pola bilangan adalah kategori sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Masrifatulmasrifatulhasanah2@gmail.comD74216065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Keywords: Pemahaman konsep; pola bilangan; gaya kognitif; visualizer verbalizer.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Masrifatul Hasanah
Date Deposited: 20 Dec 2022 04:25
Last Modified: 20 Dec 2022 04:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56244

Actions (login required)

View Item View Item