Dinamika post traumatic growth pada anak berhadapan dengan hukum (ABH)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novanti, Inggar Diah (2022) Dinamika post traumatic growth pada anak berhadapan dengan hukum (ABH). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Inggar Diah Novanti_J71218047 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fenomena pemenjaraan memberikan pengalaman traumatis yang dialami anak berhadapan dengan hukum menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan karena dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Penelitian ini berfokus pada “Bagaimana dinamika Post Traumatic Growth pada anak berhadapan dengan hukum (ABH) di UPT PRSMP Surabaya”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualatiatif dengan desain penelitian fenomenologi. Ditemukan adanya faktor yang mempengaruhi PTG yaitu faktor karakteristik individu, pengungkapan emosional, dukungan sosial, karakter lingkungan, dan gaya perenungan. Adapun gambaran perilaku yang ditunjukkan subyek berupa adanya perubahan pada prioritas hidup, kontrol diri dan emosi perasaan bahagia; peningkatan pada hubungan dengan orang lain; kesadaran akan kemampuan dalam diri; perubahan pada tujuan hidup; peningkatan spiritualitas. Anak Berhadapan dengan Hukum di UPT PRSMP Surabaya dapat disimpulkan bahwa ketiga subyek mengalami pertumbuhan pasca trauma. Diharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat mengeksplor proses yang tumbuhnya PTG pada ABH.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novanti, Inggar DiahInggardovt@gmail.comJ71218047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsiyah, Siti Nurnurays72@yahoo.co.id2027097201
Subjects: Anak
Keywords: Post Traumatic Growth; Anak berhadapan dengan hukum
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Inggar Diah Novanti
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:21
Last Modified: 02 Aug 2023 04:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56252

Actions (login required)

View Item View Item