Tasawuf dan pembentukan karakter pribadi perspektif KH. Ahmad Rifai dalam Kitab Abyan Al Hawaij

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Diana, Nur Rakhmad (2022) Tasawuf dan pembentukan karakter pribadi perspektif KH. Ahmad Rifai dalam Kitab Abyan Al Hawaij. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Rakhmad Diana_E07218026 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Tasawuf Dan Pembentukan Karakter Pribadi Perspektif KH. Ahmad Rifa’i Dalam Kitab Abyan Al- Hawaij” merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang akan menjawab dua permasalahan utama, yaitu bagaimana pemikiran K.H. Ahmad Rifa’i tentang Tasawuf dalam Kitab Abyan Al-Hawaij, bagaimana Sufistik K.H. Ahmad Rifa’i terhadap Pembentukan Karakter Pribadi. Penelitian Kepustakaan ini menggunakan fasilitas yang terdapat di perpustakaan, seperti buku, majalah, dokumen, catatan dari kisah-kisah sejarah. Tujuannya untuk mengkaji gagasan primer terkait satu ruang lingkup masalah yang diperkuat gagasan sekunder secara relevan. Untuk sumber data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder. Selanjutnya untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik telaah pustaka dan dokumentasi. Telaah pustaka dilakukan dengan tujuan mengumpulkan dan memilah data-data yang berasal dari buku-buku dan artikel yang berhubungan dengan penelitian, sedangkan telaah dokumentasi adalah pengumpulan dan pemilahan data yang berasal dari dokumen-dokumen. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep tasawuf Ahmad Rifai ini ditekankan kepada akhlak yang dapat menjadi Solusi pemecah untuk dunia pendidikan dalam mengatasi krisis moralitas yang terjadi di bangsa Indonesia. Karakter yang menjadi ciri khas yang dimiliki oleh suatu benda atau individu, ciri khas tersebut asli dan mengakar pada kepribadian benda atau individu tersebut, dan merupakan mesin yang mendorong bagaimana seseorang bertindak, bersikap, berujar, dan merespon sesuatu. Di dalam kitab Abyan al-Hawaij merupakan kitab terpenting karena membahas secara lengkap dan menguraikan secara detail dengan bahasa yang gamblang tentang beberapa bidang keilmuan Islam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jawi yang masih awam. Dalam Kitab tersebut dijelaskan delapan poin membiasakan sikap-sikap terpuji (zuhud, qonaah, shabar, tawakkal hatinya, mujahadah, ridho, syukur, dan ikhla) dan tercela (mencintai dunia, tamak, riya’, ujub, takabbur, hasud, dan sum’ah).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Diana, Nur Rakhmadnurrakhmaddiana345@gmail.comE07218026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, Tasmujitasmuji@uinsby.ac.id2027096201
Subjects: Tasawuf
Keywords: Konsep tasawuf; pembentukan karakter pribadi; Kitab Abyan Al Hawaij
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Nur Rakhmad Diana
Date Deposited: 22 Sep 2022 08:47
Last Modified: 22 Sep 2022 08:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56264

Actions (login required)

View Item View Item