Pengaruh tahajud pada ketenangan jiwa: studi terhadap santri putra di Pondok Pesantren Karangsawo Paciran Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rijal, Achmad Sifaul (2022) Pengaruh tahajud pada ketenangan jiwa: studi terhadap santri putra di Pondok Pesantren Karangsawo Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Sifaul Rijal_E77218039.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian yang dilakukan ini berupaya untuk menemukan, mengukur, dan mendeskripsikan Pengaruh Tahajud Pada Ketenangan Jiwa Santri Putra Di Pondok Pesantren Karangsawo Paciran Lamongan. Dengan perolehan datanya menggunakan metode kuantitatif sebagai alat penelitian.Hasil pendekatan kuantitatif dengan menguji data variabel Tahajud(X) dan Variabel Ketenangan Jiwa(Y) menggunakan pengujian statistik regresi linear sederhana untuk mengetahui seberapa besar nilai signifikansi, korelasi dan besarnya nilai peranan variabel X terhadap Y dengan analisis koefisien determinasi dengan bantuan Software SPSS version 28.0 For Windows, maka hasilnya bahwa kedua variabel dinyatakan signifikan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05, dengan korelasi 0,718 yang tergolong “kuat” dan nilai koefesien determinasi 0,516 yang artinya besarnya pengaruh tahajud (51,6%) terhadap ketenangan jiwa, sehingga selebihnya terdapat pengaruh dari variabel lainnya. Demikian ini memberikan kesimpulan bahwa tahajud memberikan pengaruh bagi ketenangan jiwa, karena santri yang melaksanakan tahajud dapat merasakan ketenangan jiwa. Namun terdapat adanya pengaruh lain yang mana tidak diteliti di penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rijal, Achmad Sifaulachsifaulrij@gmail.comE77218039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, TasmujiTasmuji@gmail.com2027096201
Subjects: Islam
Psikoterapi
Keywords: Tahajud; Ketenangan Jiwa.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Achmad Sifa'ul Rijal
Date Deposited: 30 Apr 2023 15:36
Last Modified: 30 Apr 2023 15:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56269

Actions (login required)

View Item View Item