Psiko-Sufisme : studi tentang pemikiran Robert Frager dalam Buku Tranformasi Hati, Jiwa, dan Ruh Perspektif Hermeneutik Gadamer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chakiki, Rachmad Bhakti (2022) Psiko-Sufisme : studi tentang pemikiran Robert Frager dalam Buku Tranformasi Hati, Jiwa, dan Ruh Perspektif Hermeneutik Gadamer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rachmad Bhakti Chakiki_E97218092 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Psiko sufisme: Studi pemikiran Robert Frager dalam buku Transformasi Hati, Jiwa dan Ruh Perspektif Hermeneutik Gadamer” membahas tentang psiko sufisme dalam kajian literatur pada karya Robert Frager. Ia merupakan sosok yang cukup fenomenal dan merupakan seorang mualaf. Kecenderungannya pada psikologi umum lama kelamaan menemukan sesuatu yang ganjal dalam hatinya. Kemudian pada tahun 1981 menjadi seorang muslim karena pada tahun sebelumnya ia terpukau akan kharismatik dari Syeikh Muzaffer, mursyid tarekat Halveti-Jerrahi. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan dan menganalisis dari pemikiran Robert Frager tentang ketiga aspek spiritual yaitu hati, jiwa dan ruh. Dengan menggunakan teori hermeneutikanya Gadamer, penulis berusaha menggali dengan kekhasan hermeneutik Gadamer yaitu, keterpengaruhan terhadap sejarah atau Historiscally Efected, pra-pemahaman, peleburan cakrawala, pengaplikasian atau penerapan. Dalam pemikirannya terkait psikologi sufi, ia membaginya ke dalam 3 aspek yaitu hati terbagi menjadi empat bagian, ruh menjadi tujuh bagian dan, jiwa atau nafsu terbagi menjadi tujuh bagian juga. Menurutnya ketiga konsep itu saling berkaiatan dan tidak bertolak belakang. Hal ini dalam menjawab tentang kekeriangan spiritualitas yang dialami oleh manusia modern, Frager menawarkan beberapa latihan psikospiritual yang ada dalam karya tulisnya seperti puasa, khalwat, sholat dan dzikir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chakiki, Rachmad Bhaktirachmathqq@gmail.comE97218092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZamzami, Mukhammadmukhammadzamzami@gmail.com2015098101
Subjects: Islam
Tasawuf
Keywords: Psiko-Sufisme; Robert Frager; Tasawuf; Hati; Jiwa; dan Ruh
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Rachmad rachmathqq
Date Deposited: 04 Aug 2023 05:20
Last Modified: 04 Aug 2023 05:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56271

Actions (login required)

View Item View Item