Terapi sufistik terhadap gangguan kejiwaan di Padepokan Mburi Wong Bodho Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmatulloh, Putri Mauludi (2022) Terapi sufistik terhadap gangguan kejiwaan di Padepokan Mburi Wong Bodho Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Mauludi Rachmatulloh_E07218027 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang terapi sufistik terhadap orang-orang yang mengalami gangguan kejiwaan. Pembahasan dalam skripsi ini difokuskan pada persoalan yaitu tentang terapi sufistik yang mampu menjadi sebuah solusi untuk pengobatan serta penyembuhan bagi orang-orang yang mengalami gangguan kejiwaan. Beberapa terapi sufistik yang ada di padepokan mburi wong bodho Gresik yaitu antara lain: mandi taubat, terapi ruqyah, membaca dzikir, bersholawat serta Istighosa. Salah satu karakteristik yang ada di padepokan mburi wong bodho yaitu metode mandi taubat, serta metode mereka dibebaskan untuk bersosialisasi pada masyarakat sekitar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara penerapan terapi sufistik, serta ciri karakteristik terapi sufistik yang ada di padepokan mburi wong bodho Gresik. Di dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara observasi dan wawancara secara langsung pada pendiri atau ketua dari Padepokan mburi wong bodho Gresik, wawancara dan wawancara kepada beberapa saudara-saudara yang ada di Padepokan yang mengalami gangguan kejiwaan. Teknik analisis datanya dengan cara yang pertama pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Gangguan kejiwaan yang dialami oleh saudara yang ada di padepokan diantaranya yaitu gangguan kejiwaan psikotik, gangguan emosional. Terapi sufistik digunakan agar orang-orang yang mengalami gangguan kejiwaan dapat sembuh dan kembali normal, mempunyai kekuatan mental serta iman yang kuat agar dapat menjalani persoalan-persoalan kehidupan dengan cara memohon ampun kepada Allah dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hasil penelitian di padepokan mburi wong bodho rata-rata mereka diterapi sampai benar-benar dinyatakan sembuh, dan normal kembali membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 4 sampai 5 bulan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmatulloh, Putri Mauludiputrimauludi6@gmail.comE07218027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, TasmujiHomepage2027096201
Subjects: Psikoterapi
Keywords: Terapi Sufistik; Mandi Taubat; Gangguan Kejiwaan; Pdepokan Mburi Wong Bodho Gresik
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Putri Mauludi Rachmatulloh
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:47
Last Modified: 02 Aug 2023 02:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56289

Actions (login required)

View Item View Item