Nilai-nilai akhlakul karimah dalam film animasi Riko The Series Musim 2 episode 14-18

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Listiana, Adella Dwi (2022) Nilai-nilai akhlakul karimah dalam film animasi Riko The Series Musim 2 episode 14-18. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adella Dwi Listiana_B71218044 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Riko The Series merupakan serial edukasi untuk anak-anak karya Teuku Wisnu, Arie Untung dan Yuda Wirafianto dengan berbagai hiburan edukatif yang diambil oleh Garis Sepuluh. Adegan ini lebih cocok untuk membiasakan berperilaku baik bagi anak-anak. Ini membuktikan bahwa representasi visual dapat menjadi medial dakwah yang sangat efektif. Berdasarkan latar belakang diatas, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai akhlakul karimah dalam film animasi Riko The Series Musim 2 Episode 14-18. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode pengumpulan yang digunakan peneliti adalah metode dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Adapun unit analisisnya adalah gambar dan dialog dalam beberapa episode dan scene yang mengandung nilai-nilai akhlakul karimah. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan bahwa representasi yang terdapat dalam Film Animasi Riko The Series yaitu Akhlakul Karimah kepada Allah SWT, salah satunya rasa syukur kepada Allah SWT yang ditandai dengan ucapan Alhamdulillah sambil riko mengusap wajah dengan kedua tangan. Dalam film animasi Riko The Series terdapat nilai akhlakul karimah yaitu Hablum minallah dan Hablum minannas. Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik mempelajari film Riko The Series diharapkan dapat fokus mempelajari bagaimana proses pembuatan film ini berbedal dengan film lalinnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Listiana, Adella Dwib71218044@uinsby.ac.idB71218044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSunarto, Sunartonarto_as@yahoo.com2026126901
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Film > Film -- Aspek Keagamaan
Keywords: Nilai-nilai akhlakul karimah; film animasi Riko The Series
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Adella Dwi Listiana
Date Deposited: 22 Sep 2022 07:22
Last Modified: 22 Sep 2022 07:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56290

Actions (login required)

View Item View Item