Pembiasaan shalat berjama’ah dalam membentuk kesadaran shalat anak Autism Spectrum Disorder (ASD) di sekolah inklusi SD Muhammadiyah 2 Tulangan, Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mutiarani, Shofia Qotrunnada (2022) Pembiasaan shalat berjama’ah dalam membentuk kesadaran shalat anak Autism Spectrum Disorder (ASD) di sekolah inklusi SD Muhammadiyah 2 Tulangan, Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofia Qotrunnada Mutiarani_E07218034 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Kemudian instrumen penelitian yang digunakan antara lain, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Terdapat tiga rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana konsep pembiasaan bagi anak Autism Spectrum Disorder (ASD)?. 2) Bagaimana pelaksanaan shalat berjama’ah yang diterapkan kepada anak Autism Spectrum Disorder (ASD) di SD Muhammadiyah 2 Tulangan, Sidoarjo? 3) Bagaimana pembiasaan shalat berjama’ah dalam membentuk kesadaran shalat anak Autism Spectrum Disorder (ASD) di SD Muhammadiyah 2 Tulangan, Sidoarjo? Hasil penelitian yang diperoleh yakni, 1) Konsep Pembiasaan bagi anak autis dilakukan dengan memberikan stimulus yang diasosiasikan, sehingga bisa menghasilkan respon yang dikondisikan. 2) Pelaksanannya dilaksanakan secara bersama, baik anak reguler maupun anak berkebutuhan khusus dengan metode yang umum, hanya saja anak autis didampingi oleh shadow di belakang. 3) Pembiasaan shalat berjama’ah dalam membentuk kesadaran melaksanakan shalat bagi anak autis, jika melihat dari hasil pembiasaan shalatnya di sekolah dan di rumah yang sudah membentuk kesadaran shalat, memiliki respon yang positif atau sudah terbentuk.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mutiarani, Shofia Qotrunnadashofia.qm@gmail.comE07218034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, Tasmujitasmuji@uinsby.ac.id2027096201
Subjects: Penyandang Cacat
Psikologi Belajar
Salat > Salat Jama'ah
Keywords: Pembiasaan shalat berjama’ah; Kesadaran shalat; Autism Spectrum Disorder
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Shofia Qotrunnada Mutiarani
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:44
Last Modified: 02 Aug 2023 03:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56295

Actions (login required)

View Item View Item