Perancangan Youth Farming Center di Kota Batu dengan Pendekatan Permakultur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aulia, Fahniza Firda (2022) Perancangan Youth Farming Center di Kota Batu dengan Pendekatan Permakultur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fahniza Firda Aulia_H03218009 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada kurun waktu tiga puluh tahun terakhir penurunan pada sektor pertanian menjadi perbincangan hangat. Seperti yang terjadi pada Kota Batu yang memiliki potensi besar dalam sektor pertanian akan tetapi kini tengah mengalami penurunan yang siginifikan. Krisis regenerasi petani yang diiringi oleh urbanisasi yang tinggi, alih fungsi lahan pertanian menjadi sektor pariwisata sehingga terjadi degradasi lingkungan ialah penyebab terjadinya penurunan sektor pertanian di Kota Batu. Beberapa hal telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengembaangkan sektor pertanian tersebut, namun stigma masyarakat dalam upaya pemerintah masih kurang mendapatkan respond an antusias masyarakat terlebihnya anak muda.Menanggapi isu tersebut, akan direncanakan adanya suatu tempat pengembangan dalam sektor pertanian berbasis pelatihan dan edu-creative farm. Dalam hal ini Dinas Pertanian, Balai Besar Pelatihan Peternakan akan bekerja sama dengan Direktorat Jendral (Ditjen) Cipta karya dan pihak swasta untuk merealisasikan rencana tersebut. Penggunaan pendekatan Permakultur dengan konsep Dari Lingkungan Kembali Ke Lingkungan akan diterapkan pada rancangan ini. Sehingga hasil desainnya dapat menghadirkan suatu kawasan yang ramah lingkungan dan terus memperbaiki lingkungan, serta menjadi suatu pilihan tempat edukasi creative terkait sektor pertanian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aulia, Fahniza Firdafahfirdsa@gmail.comH03218009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyari'ah, Arfianiarfianisyariah@gmail.com2027028302
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@gmail.com2024027903
Subjects: Pertanian
Teknologi
Keywords: Edukasi kreatif; Anak Muda; Pertanian; Pengembangan; Kota Batu; Permakultur; Dari Lingkungan ke Lingkungan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Fahniza Firda Aulia
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:03
Last Modified: 02 Aug 2023 02:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56302

Actions (login required)

View Item View Item