Perencanaan strategi sistem informasi menggunakan Ward and Peppard pada pondok pesantren Al Fathimiyyah Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masyhuri, Moch. Bagoes Ali (2022) Perencanaan strategi sistem informasi menggunakan Ward and Peppard pada pondok pesantren Al Fathimiyyah Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Bagoes Ali Masyhuri_H06217010 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi tidak dapat terlepas dari sistem informasi yang bergerak di belakangnya. Sehingga diperlukan strategi yang dapat menyelaraskan perkembangan suatu bidang dengan teknologi yang digunakan. Pondok Pesantren (PP) Al-Fathimiyyyah Jombang merupakan salah satu organisasi dalam bidang pendidikan yang membutuhkan perencanaan strategis sistem informasi secara spesifik dan teintegrasi sesuai dengan kebutuhan dan tujuan dari pondok pesantren tersebut. Pondok Pesantren Al-Fathimiyyah Jombang menggunakan metode kualitatif case study (observasi, wawancara, dan studi literatur terkait) dan teknik pengumpulan data serta perencanaan strategis sistem informasi dengan menggunakan metode Ward and Peppard (analisa informasi terkait studi kasus yang terbentuk dari tahapan input, process, dan output). Setelahnya, dilakukan triangulasi untuk menguji reliabilitas atas konsistensi metode yang bersangkutan.Penelitian ini menghasilkan analisis strategi sistem informasi sesuai kebutuhan pondok pesantren yang didapatkan melalui penerapan metode Ward and Peppard. Hasil tersebut dituangkan dalam roadmap sebagai hasil pemetaan SI dalam jangka waktu 5 tahun dengan hasil SI Kurikulum, SI Penerimaan Santriwati Baru dijalankan pada tahun pertama, SI Absensi dijalankan pada tahun ke-2, SI Data Santri dan SI Tenaga Kerja pada tahun ke-3, SI Company Profile dan SI Keuangan pada tahun ke-4, SI Sarana dan Prasarana dan SI Bimbingan Konseling pada tahun ke-5 dan telah divalidasi oleh informan dalam metode triangulasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masyhuri, Moch. Bagoes Alih06217010@uinsby.ac.idH06217010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzuddin, Muhammad Andikandik@uinsby.ac.id2007038402
Thesis advisorMilad, Mohammad Khusnum.milad@uinsby.ac.id0729017902
Subjects: Pesantren
Teknologi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Pondok Pesantren; Strategi Sistem Informasi; Ward and Peppard;
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Moch Ali Moch. Bagoes Ali masyhuri
Date Deposited: 21 Oct 2023 11:56
Last Modified: 21 Oct 2023 11:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56317

Actions (login required)

View Item View Item